RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Bahan Kajian : Kesebangunan
Waktu : 80 menit (dua jam pelajaran)
Pertemuan ke : 1 (satu)
- Standar Kompetensi
Memahami Kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
- Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
- Indikator
Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
- Materi Pokok
Kesebangunan
- Metode Pendekatan
Resitasi, pemberian tugas, pembelajaran kooperatif dan diskusi kelompok
- Strategi Pembelajaran
- Pendahuluan
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan.
- Kegiatan Inti
- Siswa diminta menyebutkan bangun-bangun datar.
- Guru memberi contoh bangun-bangun datar yang sebangun atau kongruen, kemudian meminta siswa menyebutkan bangun datar, bangun datar yang sebangun atau kongruen pada LKS.
- Guru meminta agar siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan pengertian bangun datar yang sebangun atau kongruen dan syaratnya.
- Siswa diminta mengerjakan latihan soal no … secara berkelompok.
- Kemudian hasil yang sudah selesai mempresentasikan hasil pekerjaannya, kelompok lain menanggapi sedangkan guru memberi umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memebri pengahargaan bagi kelompok yang berprestasi.
- Penutup
- Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran tentang bangun datar yang sebangun atau kongruen.
- Guru memberi PR.
- Sumber Belajar
Buku siswa, LKS, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau besi.
- Penilaian
Manakah bangun-bangun yang kongruen ?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Bahan Kajian : Kesebangunan
Waktu : 80 menit (dua jam pelajaran)
Pertemuan ke : 2 (dua)
- Standar Kompetensi
Memahami Kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
- Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
- Indikator
Mengidentifikasikan dua bangun yang sebangun atau kongruen
- Materi Pokok
Kesebangunan
- Metode Pendekatan
Resitasi, pemberian tugas, pembelajaran kooperatif dan diskusi kelompok
- Strategi Pembelajaran
- Pendahuluan
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang digunakan.
- Kegiatan Inti
- Siswa diminta menyebutkan bangun-bangun datar yang sebangun atau kongruen.
- Guru memberi contoh bangun-bangun datar yang sebangun atau kongruen kemudian meminta siswa menyebutkan bangun datar yang sebangun atau kongruen pada LKS.
- Guru meminta agar siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan pengertian bangun-bangun datar yang sebangun atau kongruen dan syaratnya.
- Siswa diminta mengerjakan latihan soal no … secara berkelompok.
- Kemudian bagi yang sudah selesai mempresentasikan hasil pekerjaannya, kelompok lain menanggapi sedangkan guru memberi umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi kelompok yang berprestasi.
- Penutup
- Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran tentang bangun datar yang sebangun.
- Guru memberi PR.
- Sumber Belajar
Buku siswa, LKS, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau besi.
- Penilaian
Apakah kedua bangun di bawah ini kongruen ? Mengapa ?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Bahan Kajian : Kesebangunan
Alokasi waktu : 80 menit ( dua jam pelajaran )
Pertemuan ke : 3 ( tiga )
- Standar Kompetensi
Memahami Kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
- Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
- Indikator
Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga
- Materi Pokok
Kesebangunan
- Metode Pendekatan
Resitasi, pemberian tugas, pembelajaran kooperatif dan diskusi kelompok
- Strategi Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Pemberian motivasi tentang pentingnya mempelajari materi yang akan disampaikan.
b. Menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu model pembelajaran kooperatif.
- Kegiatan Inti
- Dari pertemuan 1 dan 2, guru meminta siswa membuat atau menggambar model dua segitiga masing-masing yang sebangun dan yang konruen.
- Dua siswa atau lebih, diminta mempresentasikan hasil pekerjaannya di papan tulis.
- Dari hasil presentasi itu, diminta siswa bersama-sama membedakan mana yang sebangun dan mana yang kongruen. Guru sebagai fasilitator dan mengarahkan jika perlu.
- Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok. Guru memantau/memotivasi dan memberi umpan siswa yang mengalami kesulitan dari masing-masing kelompok.
- Siswa diminta mengerjakan latihan soal no … secara berkelompok.
- Kemudian bagi yang sudah selesai mempresentasikan hasil pekerjaannya, kelompok lain menanggapi sedangkan guru memberi umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi kelompok yang berprestasi.
- Penutup
Siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari. Guru memberi pekerjaan rumah (PR) yaitu soal latihan di LKS yang belum dikerjaan.
- Sumber Belajar
Buku siswa, LKS, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau besi.
- Penilaian
1. Kalau rABC sebangun dengan rPQR, apakah
a. sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang ?
b. sudut-sudut yang bersesuaian sama besar ?
2. Kalau dua segitiga kongruen, apakah dua segitiga tersebut tentu sebangun ?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Bahan Kajian : Kesebangunan
Alokasi waktu : 80 menit ( dua jam pelajaran )
Pertemuan ke : 4 ( empat )
- Standar Kompetensi
Memahami Kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
- Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
- Indikator
Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
- Materi Pokok
Kesebangunan
- Metode Pendekatan
Resitasi, pemberian tugas, pembelajaran kooperatif dan diskusi kelompok
- Strategi Pembelajaran
- Pendahuluan
a. Pemberikan motivasi tentang pentingnya mempelajari materi yang akan disampaikan.
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Kegiatan Inti
- Diberikan dua buah segitiga yang sebangun dan dua buah segitiga yang kongruen
- Siswa tertentu diminta menuliskan sifat-sifat dua buah segitiga yang sebangun dan kongruen
- Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok. Guru memantau/memotivasi dan memberi umpan siswa yang mengalami kesulitan dari masing-masing kelompok.
- Siswa diminta mengerjakan latihan soal no … secara berkelompok.
- Kemudian bagi yang sudah selesai mempresentasikan hasil pekerjaannya, kelompok lain menanggapi sedangkan guru memberi umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi kelompok yang berprestasi.
- Penutup
Siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari. Guru memberi pekerjaan rumah (PR) yaitu soal latihan di LKS yang belum dikerjaan.
- Sumber Belajar
Buku siswa, LKS, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau besi.
- Penilaian
Diketahui rABC dan rPQR sebangun
Sudut A = Sudut …..
Sudut B = Sudut …..
Sudut C = Sudut …..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Bahan Kajian : Kesebangunan
Alokasi waktu : 80 menit ( dua jam pelajaran )
Pertemuan ke : 5 ( lima )
- Standar Kompetensi
Memahami Kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
- Kompetensi Dasar
Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
- Indikator
Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
- Materi Pokok
Kesebangunan
- Metode Pendekatan
Resitasi, pemberian tugas, pembelajaran kooperatif dan diskusi kelompok
- Strategi Pembelajaran
- Pendahuluan
- Mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari tentang dua segitiga sebangun misal menjelaskan sejarah tentang bagaimana dapat mencari tinggi piramida dengan bantuan tinggi pekerja.
- Menginformasikan hasil belajar yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar beserta indikatornya.
- Kegiatan Inti
- Siswa mendiskusikan bersama anggota kelompoknya untuk membuat permodelan dua segitiga sebangun jika diketahui sudut-sudutnya sama.
Siswa diminta menyimpulkan apakah dua segitiga sebangun jika sudut-sudut yang berkorespondensi satu-satu sama. Guru sebagai fasilitator.
- Siswa mendiskusikan bersama anggota kelompoknya untuk membuat permodelan dua segitiga sebangun jika diketahui sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama. Siswa diminta untuk menyimpulkan apakah dua segitiga sebangun jika diketahui sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama. Guru sebagai fasilitator.
- Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok. Guru memotivasi siswa yang membutuhkan pada masing-masing kelompok. Siswa diminta untuk menyajikan hasil diskusi di depan secara bergantian dan kelompok lain yang tidak tampil untuk menanggapi. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi dan diupayakan yang menyimpulkan adalah siswa sendiri.
- Siswa diminta untuk mengerjakan latihan secara berpasangan.
- Penutup
Siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas. Guru memberikan tugas rumah unttuk soal-soal latihan yang belum sempat dibahas di kelas.
- Sumber Belajar
Buku siswa, LKS, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau besi.
- Penilaian
rABC sebangun dengan rPQR. panjang AB = 4 cm. Sisi yang bersesuaian adalah AB dengan PQ, panjang PQ = 8 cm. Jika panjang sisi BC = 5 cm, maka panjang sisi QR adalah ….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Bahan Kajian : Kesebangunan
Alokasi waktu : 80 menit ( dua jam pelajaran )
Pertemuan ke : 6 ( enam )
- Standar Kompetensi
Memahami Kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
- Kompetensi Dasar
Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
- Indikator
Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan
- Materi Pokok
Kesebangunan
- Metode Pendekatan
Resitasi, pemberian tugas, pembelajaran kooperatif dan diskusi kelompok
- Strategi Pembelajaran
- Pendahuluan
- Mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari tentang dua segitiga sebangun missal menjelaskan sejarah tentang bagaimana dapat mencari tinggi piramida dengan bantuan tinggi pekerja.
- Menginformasikan hasil belajar yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar beserta indikatornya.
- Kegiatan Inti
- Siswa mendiskusikan bersama anggota kelompoknya untuk membuat permodelan dua segitiga sebangun jika diketahui sudut-sudutnya sama.
- Siswa diminta menyimpulkan apakah dua segitiga sebangun jika sudut-sudut yang berkorespondensi satu-satu sama. Guru sebagai fasilitator.
- Siswa mendiskusikan bersama anggota kelompoknya untuk membuat permodelan dua segitiga sebangun jika diketahui sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama. Siswa diminta untuk menyimpulkan apakah dua segitiga sebangun jika diketahui sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama. Guru sebagai fasilitator.
- Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok. Guru memotivasi siswa yang membutuhkan pada masing-masing kelompok. Siswa diminta untuk menyajikan hasil diskusi di depan secara bergantian dan kelompok lain yang tidak tampil untuk menanggapi. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi dan diupayakan yang menyimpulkan adalah siswa sendiri.
- Siswa diminta untuk mengerjakan latihan secara berpasangan.
- Penutup
Siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas. Guru memberikan tugas rumah unttuk soal-soal latihan yang belum sempat dibahas di kelas.
- Sumber Belajar
Buku siswa, LKS, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau besi.
- Penilaian
Sebuah foto ukuran 3 x 4 akan diperbesar sehingga lebar foto tersebut menjadi 60 cm. Kertas foto yang diperlukan untuk membuat foto yang diperbesar tersebut adalah ………cm3.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Bahan Kajian : Bangun ruang sisi lengkung
Alokasi waktu : 80 menit ( dua jam pelajaran )
Pertemuan ke : 7 ( tujuh )
- Standar Kompetensi
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya.
- Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
- Indikator
Menyebutkan unsur-unsur jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung dan kerucut
- Materi Pokok
Tabung, kerucut, dan bola
- Metode Pendekatan
Resitasi, pemberian tugas, pembelajaran kooperatif dan diskusi kelompok
- Strategi Pembelajaran
- Pendahuluan
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan.
- Kegiatan Inti
- Siswa diminta memperhatikan keterangan guru menyebutkan satu per satu unsur-unsur dari tabung dan kerucut serta bola
- Penutup
Siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas. Guru memberikan tugas rumah unttuk soal-soal latihan yang belum sempat dibahas di kelas.
- Sumber Belajar
Buku siswa, LKS, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau besi.
- Penilaian
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Statistik dan Peluang
Kompetensi Dasar : Mengumpulkan, menyajikan dan menafsirkan data
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Siswa menunjukkan kemampuan manyajikan dan menafsirkan data
2. Indikator Hasil Belajar
Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally.
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS 2.2
Kegiatan Belajar Mengajar
- Model Pembelajaran : Pembelajaran, kooperatif
- Metode : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
- Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Memotivasi siswa dengan mengatakan bahwa dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemui data dengan berbagai bentuk penyajian.
- Menyampaikan hasil belajar akan dicapai dan indikatornya.
Kegiatan Inti
- Meminta siswa duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif sama mengingatkan ketrampilan kooperatif yang akan dilatihkan dan bagaimana cara mengikuti pelatihan ketrampilan kooperatif itu. Setelah ini membagikan alat dan bahan yang dibutuhkan.
Penutup
- Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman materi yang dibahas.
- Pemberian tugas rumah.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Peluang dan Statistik
Kompetensi Dasar : Mengumpulkan, menyajikan dan menafsirkan data
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Siswa menunjukkan kemampuan manyajikan dan menafsirkan data
2. Indikator
Menghitung mean, median, modus data tunggal dan menjelaskannya.
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS 2.2
Kegiatan Belajar Mengajar
- Model Pembelajaran : Pembelajaran, kooperatif
- Metode : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
- Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi tujuan proses dan afektif.
- Mengingatkan kembali materi pertemuan sebelumnya yaitu mengenai penyajian data.
- Menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Dengan adanya tanya jawab guru meminta siswa untuk mengerjakan soal 1 "kerjakan berkelompok" Buku Siswa.
- Siswa diminta membaca pengertian modus, median, dan rata-rata buku siswa kemudian siswa diminta mempelajari conoth 1. Buku siswa yaitu mengenai menentukan nilai rata-rata, median dan modus dari suatu data mengenai banyaknya penduduk Surabaya yang meninggal tahun 2001.
- Mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4 atau 5 orang.
- Meminta setiap kelompok untuk mengerjakan LKS 2.7 dan mengumpulkan hasilnya. (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memantau diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
- Guru menjelaskan secara ringkas cara menentukan nilai rata-rata, median dan modus dari suatu data.
Penutup
- Membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
- Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan, guru dapat memilih sendiri soalnya.
- Siswa diminta menulis hal-hal yang berkesan, yang bermanfaat, yang menyenangkan, dan yang kurang menyenangkan baginya dalam mempelajari materi ini.
- Guru membuat refleksi bagi dirinya sendiri, mengenai hal-hal yang berkesan, yang bermanfaat, yang menyenangkan dan yang kurang menyenangkan dan pembelajaran yang telah dilakukannya mengenai materi ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Peluang dan Statistik
Kompetensi Dasar : Mengumpulkan, menyajikan dan menafsirkan data
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Siswa menunjukkan kemampuan manyajikan dan menafsirkan data
2. Indikator
Menghitung kuartil data tunggal dan menjelaskan makna kuarti tersebut.
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS 2.8
Kegiatan Belajar Mengajar
- Model Pembelajaran : Pembelajaran, kooperatif
- Metode : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
- Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi tujuan proses dan afektif.
- Mengingatkan kembali materi pertemuan sebelumnya yaitu mengenai penyajian data.
- Menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Dengan adanya tanya jawab guru meminta siswa untuk mengerjakan soal 1 "kerjakan berkelompok" Buku Siswa.
- Siswa diminta membaca pengertian modus, median, dan rata-rata buku siswa kemudian siswa diminta mempelajari conoth 1. Buku siswa yaitu mengenai menentukan nilai rata-rata, median dan modus dari suatu data mengenai banyaknya penduduk Surabaya yang meninggal tahun 2001.
- Mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4 atau 5 orang.
- Meminta setiap kelompok untuk mengerjakan LKS 2.8 dan mengumpulkan hasilnya. (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
- Guru menjelaskan secara ringkas cara menentukan nilai rata-rata, median dan modus dari suatu data.
Penutup
- Membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
- Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan, guru dapat memilih sendiri soalnya.
- Siswa diminta menulis hal-hal yang berkesan, yang bermanfaat, yang menyenangkan, dan yang kurang menyenangkan baginya dalam mempelajari materi ini.
- Guru membuat refleksi bagi dirinya sendiri, mengenai hal-hal yang berkesan, yang bermanfaat, yang menyenangkan dan yang kurang menyenangkan dan pembelajaran yang telah dilakukannya mengenai materi ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Peluang dan Statistik
Kompetensi Dasar : Mengumpulkan, menyajikan dan menafsirkan data
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Menyajikan data menafsirkan data
2. Indikator
Menyajikan data tunggal dalam piktogram
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS
Kegiatan Belajar Mengajar
- Model Pembelajaran : Pembelajaran, kooperatif
- Metode : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
- Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Mengingatkan kembali materi pertemuan sebelumnya yaitu mengenai penyajian data.
- Menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Dengan tanya jawab guru mengingatkan kembali contoh penyajian data dengan tabel frekuensi baik data tunggal maupun data dengan pengelompokan, contoh 1 dan contoh 2 pada buku siswa.
- Dengan tanya jawab guru menjelaskan piktogram dari tabel frekuensi dari contoh 1 dan contoh 2 buku siswa.
- Mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4 atau 5 orang.
- Meminta setiap kelompok untuk mengerjakan LKS dan mengumpulkan hasilnya. (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
- Guru menjelaskan secara ringkas cara menggambar histogram dan poligon frekuensi jika diketahui tabel frekuensi
Penutup
- Membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
- Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan, guru dapat memilih sendiri soalnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Peluang dan Statistik
Kompetensi Dasar : Mengumpulkan, menyajikan dan menafsirkan data
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Menyajikan data menafsirkan data
2. Indikator
Menyajikan data tunggal dalam diagram batang dan garis
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS
Kegiatan Belajar Mengajar
- Model Pembelajaran : Pembelajaran, kooperatif
- Metode : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
- Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Mengingatkan kembali materi pertemuan sebelumnya yaitu mengenai penyajian data.
- Menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Dengan tanya jawab guru mengingatkan kembali contoh penyajian data dengan tabel frekuensi baik data tunggal maupun data dengan pengelompokan, contoh 1 dan contoh 2 pada buku siswa.
- Dengan tanya jawab guru menjelaskan histogram dan poligon frekuensif dari tabel frekuensi dari contoh 1 dan contoh 2 buku siswa.
- Mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4 atau 5 orang.
- Meminta setiap kelompok untuk mengerjakan LKS 2.4 dan mengumpulkan hasilnya. (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memantau diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
- Guru menjelaskan secara ringkas cara menentukan nilai rata-rata, median dan modus dari suatu data.
Penutup
- Membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
- Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan, guru dapat memilih sendiri soalnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Peluang dan Statistik
Kompetensi Dasar : Mengumpulkan, menyajikan dan menafsirkan data
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Menyajikan data menafsirkan data
2. Indikator
Menyajikan data tunggal dalam diagram lingkaran
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS
Kegiatan Belajar Mengajar
- Model Pembelajaran : Pembelajaran, kooperatif
- Metode : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
- Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Menyampaikan hasil belajar dan indikatornya
- Mengingatkan kembali materi pertemuan sebelumnya yaitu mengenai penyajian data.
- Menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Dengan tanya jawab guru menjelaskan soal 1 buku siswa, yaitu mengenai cara penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran.
- Mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4 atau 5 orang.
- Meminta setiap kelompok untuk mengerjakan LKS 2.5 dan soal 2 (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
- Guru meminta mempelajari soal 3 buku siswa, setelah itu setiap kelompok diminta mengerjakan LKS 2.5 soal 3 (selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa mengalami kesulitan).
- Guru menjelaskan secara ringkas cara menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran dan memilih pendekatan diagram yang tepat.
Penutup
- Membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
- Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan, guru dapat memilih sendiri soalnya.
- Siswa diminta menulis hal-hal yang berkesan, yang bermanfaat yang menyenangkan, dan yang kurang menyenangkan baginya dalam mempelajari materi ini.
- Guru membuat refleksi bagi dirinya sendiri, mengenai hal-hal yang berkesan, yang menyenangkan, dan yang kurang menyenangkan dari pembelajaran yang telah dilakukannya mengenai materi ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Peluang dan Statistik
Kompetensi Dasar : Mengumpulkan, menyajikan dan menafsirkan data
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Menyajikan data menafsirkan data
2. Indikator
Menyajikan data tunggal dalam histogram dan poligon frekuensi
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS 2.6
Kegiatan Belajar Mengajar
- Model Pembelajaran : Pembelajaran, kooperatif
- Metode : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
- Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Menyampaikan hasil belajar dan indikatornya
- Mengingatkan kembali materi pertemuan sebelumnya yaitu mengenai penyajian data.
- Menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Dengan tanya jawab guru mengingatkan kembali contoh penyajian data dengan tabel frekuensi baik data tunggal maupun data dengan pengelompokan, contoh 1 dan contoh 2 pada buku siswa.
- Dengan tanya jawab guru menjelaskan histogram dan poligon frekuensi dari tabel frekuensi dari contoh 1 dan contoh 2 buku siswa.
- Mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4 atau 5 orang.
- Meminta setiap kelompok untuk mengerjakan LKS 2.6 dan soal 2 (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
- Guru menjelaskan secara ringkas cara menggambar histogram dan poligon frekuensi jika diketahui tabel frekuensi.
III. Penutup
- Membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
- Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan pada buku siswa atau guru dapat memilih sendiri soalnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Statistik dan Peluang
Kompetensi Dasar : Melakukan Percobaan Statistika
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Menyajikan data menafsirkan data
2. Indikator
Menyajikan data tunggal dalam histogram dan poligon frekuensi
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS
Kegiatan Belajar Mengajar
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung dan kooperatif
2. Metode : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
3. Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang meliputi tujuan proses dan afektif.
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan buku siswa
- Siswa dikelompokkan dalam kelompok yang berlanggotakan 4 atau 5 orang.
- Setiap kelompok diminta untuk mengerjakan LKS dan mengumpulkan hasinya (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
- Secara ringkas guru menjelaskan bahwa hasil yang didapat tiap kelompok mungkin berbeda.
III. Penutup
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran tentang kejadian dan kejadian acak.
- Guru memberikan pekerjaan rumah. Soal dapat diambil dari buku siswa yang belum dibahas dikelas atau buatan guru sendiri.
- Siswa diminta menulis hal-hal yang berkesan, yang bermanfaat yang menyenangkan, dan yang kurang menyenangkan baginya dalam mempelajari materi ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Statistik dan Peluang
Kompetensi Dasar : Melakukan Percobaan Statistika
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Siswa menunjukkan kemampuan menentukan ruang sampel percobaan.
2. Indikator
Siswa dapat :
Menentukan ruang sampel percobaan dengan mendata titik-titiknya.
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS
Kegiatan Belajar Mengajar
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung dan kooperatif
2. Metode : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
3. Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Guru bersama siswa membahas pekerjaan rumah.
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan buku siswa tentang masalah 3, kemudian masalah 5.
- Siswa dikelompokkan dalam kelompok yang berlanggotakan 4 atau 5 orang.
- Setiap kelompok diminta untuk mengerjakan LKS dan mengumpulkan hasinya (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
III. Penutup
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran tentang mencari ruang sampel dengan cara mendaftar, diagram pohon dan tabel.
- Guru memberikan pekerjaan rumah. Soal dapat diambil dari buku siswa yang belum dibahas dikelas atau buatan guru sendiri.
- Siswa diminta menulis hal-hal yang berkesan, yang bermanfaat yang menyenangkan, dan yang kurang menyenangkan baginya dalam mempelajari materi ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Statistik dan Peluang
Kompetensi Dasar : Melakukan Percobaan Statistika
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Siswa menunjukkan kemampuan menghitung peluang kejadian.
2. Indikator
Siswa dapat :
- Menghitung peluang masing-masing titik pada ruang sampel.
- Menghitung peluang dengan pendekatan frekuensi relatif.
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS
Kegiatan Belajar Mengajar
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung dan kooperatif
2. Metode : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
3. Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Guru bersama siswa membahas pekerjaan rumah.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi tujuan proses dan afektif.
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan buku siswa.
- Siswa dikelompokkan dalam kelompok yang berlanggotakan 4 atau 5 orang.
- Setiap kelompok diminta untuk mengerjakan LKS dan mengumpulkan hasinya (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
III. Penutup
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran tentang mencari peluang dengan pendekatan frekuensi nisbi.
- Guru memberikan pekerjaan rumah. Soal dapat diambil dari buku siswa yang belum dibahas dikelas atau buatan guru sendiri.
- Siswa diminta menulis hal-hal yang berkesan, yang bermanfaat yang menyenangkan, dan yang kurang menyenangkan baginya dalam mempelajari materi ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Statistika dan Peluang
Kompetensi Dasar : Melakukan Percobaan Statistika
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Siswa menunjukkan kemampuan menghitung peluang kejadian.
2. Indikator
Siswa dapat :
- Menghitung peluang secara teoritis yang dapat dilihat pada kemampuan siswa menjelaskan cara mencari peluang dengan setiap titik sampel berkesempatan sama untuk terjadi, menjelaskan bahwa suatu kejadian merupakan suatu kepastian, menjelaskan bahwa suatu kejadian merupakan suatu kemustahilan
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS
Kegiatan Belajar Mengajar
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung dan kooperatif
2. Metode : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
3. Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Guru bersama-sama membahas pekerjaan rumah
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan buku siswa tentang masalah 7, kemudian tentang masalah 10
- Siswa dikelompokkan dalam kelompok yang berlanggotakan 4 atau 5 orang.
- Setiap kelompok diminta untuk mengerjakan LKS dan mengumpulkan hasinya (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
III. Penutup
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran tentang mencari peluang dengan setiap titik sampel berkesempatan sama untuk terjadi, kepastian, dan kemustahilan.
- Guru memberikan pekerjaan rumah. Soal dapat diambil dari buku siswa yang belum dibahas dikelas atau buatan guru sendiri.
- Siswa diminta menulis hal-hal yang berkesan, yang bermanfaat yang menyenangkan, dan yang kurang menyenangkan baginya dalam mempelajari materi ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / gasal
Aspek : Statistika dan Peluang
Kompetensi Dasar : Melakukan Percobaan Statistika
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Hasil Belajar
Siswa menunjukkan kemampuan menghitung peluang kejadian.
2. Indikator
Siswa dapat :
- Menentukan dan menghitung nilai peluang suatu kejadian menjelaskan cara mencari frekuensi harapan dari suatu kejadian..
Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS
Kegiatan Belajar Mengajar
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung dan kooperatif
2. Metode : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok
3. Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
- Guru bersama siswa membahas pekerjaan rumah.
- Menyampaikan hasil belajar yang akan dicapai beserta indikatornya.
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan buku siswa tentang masalah 13.
- Siswa dikelompokkan dalam kelompok yang berlanggotakan 4 atau 5 orang.
- Setiap kelompok diminta untuk mengerjakan LKS dan mengumpulkan hasinya (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. (Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
III. Penutup
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran tentang mencari frekuensi harapan.
- Guru memberikan pekerjaan rumah. Soal dapat diambil dari buku siswa yang belum dibahas dikelas atau buatan guru sendiri.
- Siswa diminta menulis hal-hal yang berkesan, yang bermanfaat yang menyenangkan, dan yang kurang menyenangkan baginya dalam mempelajari materi ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata pelajaran : Matematika
Kelas / semester : IX / 2
Aspek : Logaritma
Kompetensi dasar : Menggunakan Logaritma untuk
memecahkan masalah
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
- 1. Hasil Belajar
Siswa menunjukkan kemampuan menggunakan sifat-sifat logaritma
2. Indikator
Siswa dapat :
Mengenal pengertian sifat-sifat logaritma (siswa diharapkan minimal dapat menggunakan sifat perkalian pada logaritma, menggunakan sifat pembagian pada logaritma, menggunakan sifat perpangkatan pada logaritma, menggunakan sifat-sifat pada logaritma untuk penghitungan yang mengandung logaritma).
- Sumber Pembelajaran
Buku siswa MATEMATIKA 3
LKS
Tabel matematika
- Kegiatan Belajar Mengajar
1. Model Pembelajaran : Pengajaran langsung dan Kooperatif
2. Metode : Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas dengan kerja kelompok.
3. Pelaksanaan Pembelajaran
- Pendahuluan
Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
- Kegiatan inti
- Siswa bersama teman sebangku/sekelompok diminta untuk mengerjakan "Kerjakan bersama temanmu " tentang sifat perkalian pada logaritma pada LKS 4.2
- Siswa bersama-sama guru membahas sifat perkalian pada logaritma secara umum
- Siswa diminta mengulangi langkah a dan b untuk sifat pembagian pada logaritma dan sifat perpangkatan pada logaritma.
- Siswa bersama teman sebangku/sekelompok mengerjakan soal-soal LKS 4.2. Guru memberikan motifasi untuk bekerjasama dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
- Siswa diminta mengerjakan atau membahas soal-soal pada latihan 4.2 yang telah ditentukan guru.
- Penutup
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
- Guru memberi PR siswa dari soal latihan 4.2 yang belum sempat dikerjakan di kelas atau buatan guru sendiri
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Aspek : Barisan dan Deret
Kompetensi Dasar : 12.1Menjelaskan jenis dan bentuk pola bilangan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menjelaskan jenis dan bentuk pola bilangan.
2. Indikator
Siswa dapat:
- Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan.
- Model Pembelajaran
Model pembelajara kooperatif
- Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS 6.1
- Alat dan Bahan
Kertas dan gunting untuk masing-masing kelompok
- Kegiatan Belajar Mengajar
- Pendahuluan (5 menit)
- Memotivasi siswa dengan mengatakan bahwa dalam kehidupan sehari-hari banyak hal membentuk pola, seperti corak baju, teralis, dekorasi-dekorasi dan sebagainya.
- Menyampaikan hasil belajar dan indikatornya.
- Kegiatan Inti
- Siswa duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif sambil diingatkan guru tentang keterampilan kooperatif yang akan dilatihkan dan bagaimana cara mengikuti pelatihan keterampilan kooperatif itu.
- Siswa mengerjakan LKS 6.1 nomor 1 – 6 dengan kelompoknya atau tema sebangkunya dan guru menjadi fasilitator.
- Guru meminta satu-dua siswa untuk menulis di papan tulis hasil diskusi dan kesimpulan yang didapat dan yang lain menanggapinya.
- Guru menjelaskan hasil diskusi LKS 6.1 nomor 1 – 6 dan meminta siswa melakukan refleksi.
- Guru meminta siswa mengerjakan soal latihan 1.a.
- Guru meminta siswa untuk mencocokkan jawabannya dengan saling mempertukarkan jawaban/pekerjaan dengan teman sebelahnya.
- Guru memberikan penghargaan dan motivasi pada siswa/kelompok.
- Penutup
- Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas.
- Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal dalam Buku siswa untuk LKS yang belum sempat dibahas di kelas.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Aspek : Barisan dan Deret
Kompetensi Dasar : 12.1 Menjelaskan jenis dan bentuk pola bilangan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menjelaskan jenis dan bentuk pola bilangan.
2. Indikator
Siswa dapat:
- Mengenal unsur-unsur barisan seperti suku pertama, suku berikutnya da beda.
- Menunjukkan pola bilangan persegi panjang.
- Menunjukkan pola bilangan pada segitiga pascal.
- Model Pembelajaran
Model pembelajara kooperatif
- Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS 6.3
- Alat dan Bahan
Kertas dan gunting untuk masing-masing kelompok
- Kegiatan Belajar Mengajar
- Pendahuluan (5 menit)
- Mengingat pada pembelajaran terdahulu pengertian pola.
- Memotivasi siswa dengan mengatakan kegunaan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru menanyakan atau membahas tugs rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya (tidak harus dibahas keseluruhan).
- Menyampaikan inti tujuan pembelajaran, meliputi keterampilan sosial.
- Kegiatan Inti
- Siswa duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif sambil diingatkan keterampilan kooperatif yang akan dikaitkan dan bagaimana cara mengikuti pelatihan keterampilan kooperatif itu.
- Siswa mengerjakan LKS 6.3 dengan berkelompok atau teman sebangkunya dan guru menjadi fasilitator.
- Guru meminta satu-dua siswa dari suatu kelompok untuk menulis di papan tulis hasil diskusi dan kesimpulan yang didapat dan masing-masing ditanggapi kelompok lain.
- Guru menjelaskan hasil diskusi LKS 6.3 dan meminta siswa melakukan refleksi.
- Guru meminta siswa mengerjakan soal latihan 6.1 untuk nomor-nomor terpilih.
- Guru meminta siswa untuk mencocokkan jawabannya dengan saling mempertukarkan jawaban/pekerjaan dengan teman sebelahnya.
- Memberikan penghargaan dan motivasi pada siswa/kelompok.
- Penutup
- Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas.
- Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal dalam Buku siswa untuk LKS yang belum sempat dibahas di kelas.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Aspek : Pola Bilangan
Kompetensi Dasar : Menjelaskan jenis dan bentuk pola bilangan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menjelaskan jenis dan bentuk pola bilangan.
2. Indikator
Siswa dapat:
- Menentukan dan menghitung suku ke-n barisan.
- Menyebutkan aturan dari suatu barisan.
- Membedakan suatu barisan aritmatika dan barisan geometri.
- Model Pembelajaran
Model pembelajaran kooperatif
- Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS 6.4
- Kegiatan Belajar Mengajar
- Pendahuluan (5 menit)
- Mengingat pada pembelajaran terdahulu pengertian pola.
- Memotivasi siswa dengan mengatakan kegunaan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru menanyakan atau membahas tugas rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya (tidak harus dibahas keseluruhan).
- Kegiatan Inti
- Siswa duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif sambil diingatkan keterampilan kooperatif yang akan dikaitkan dan bagaimana cara mengikuti pelatihan keterampilan kooperatif itu.
- Siswa mengerjakan LKS 6.4 dengan berkelompok atau teman sebangkunya dan guru menjadi fasilitator.
- Guru meminta satu-dua siswa dari suatu kelompok untuk menulis di papan tulis hasil diskusi dan kesimpulan yang didapat dan masing-masing ditanggapi kelompok lain.
- Guru menjelaskan hasil diskusi LKS 6.4 dan meminta siswa melakukan refleksi.
- Guru meminta siswa mengerjakan soal latihan 6.2 untuk nomor-nomor terpilih.
- Guru meminta siswa untuk mencocokkan jawabannya dengan saling mempertukarkan jawaban/pekerjaan dengan teman sebelahnya.
- Guru memberikan penghargaan dan motivasi pada siswa/kelompok.
- Penutup
- Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas.
- Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal dalam Buku siswa untuk LKS yang belum sempat dibahas di kelas.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Aspek : Pola Bilangan
Kompetensi Dasar : 12.2 Menentukan suku ke-n dan jumlah n suku pertama deret.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menentukan suku ke-n dan jumlah n suku pertama deret.
2. Indikator
Siswa dapat:
- Mengenal pengertian deret aritmatika naik dan turun.
- Menentukan suku ke-n dan jumlah n suku pertama deret aritmatika.
- Mengenal deret geometri naik dan turun.
- Menghitung suku ke-n dan jumlah n suku pertama deret geometri.
- Kelengkapan
Kelengkapan: Buku Siswa LKS 6.6 dan Buku Evaluasi
- Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran : Pengajaran Langsung dan Pembelajaran
Kooperatif
Metode : ceramah, tanya jawab, tugas kelompok, diskusi
- Pendahuluan
- Mengingat materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya jika mungkin atau memanfaatkan untuk kehidupan.
- Kegiatan Inti
- Guru mengelompokkan siswa menjadi kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 atau 5 siswa.
- Siswa diminta mendiskusikan dan mengerjakan LKS 6.6 masalah pertumbuhan tanaman secara berkelompok.
- Meminta satu atau dua kelompok untuk melaporkan hasil diskusinya dan tinggapi oleh siswa yang. Guru memandu jalannya diskusi dan merukuskan jawaban yang benar.
- Guru bersama siswa mencoba mendiskusikan masalah makanan dan masalah perbankan pada LKS 6.6
- Meminta satu atau dua kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh siswa yang lain. Guru memandu jalannya diskusi dan merukuskan jawaban yang benar.
- Siswa diminta menyelesaikan latihan 6.3 yang bersesuaian.
- Penutup
- Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas.
- Guru memberi latihan soal untuk dikerjakan di rumah.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Aspek : Pola Bilangan
Kompetensi Dasar : 12.3 Menggunakan sifat-sifat deret.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menentukan suku ke-n dan jumlah n suku pertama deret.
2. Indikator
Siswa dapat:
- Mengenal unsur-unsur deret seperti suku pertama, suku berikutnya dan rasio.
- Mengenal pengertian deret geometri naik dan turun.
- Menemukan rumus suku ke-n dan jumlah n suku pertama deret geometri.
- Menghitung suku ke-n dan jumlah n suku pertama deret geometri.
- Menemukan sifat-sifat deret geometri untuk menyelesaikan soal.
- Menggunakan konsep deret geometri dalam kehidupan sehari-hari.
- Kelengkapan
Kelengkapan: Buku Siswa LKS dan Buku Evaluasi
- Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran : Pengajaran Langsung dan Pembelajaran
Kooperatif
Metode : ceramah, tanya jawab, tugas kelompok,
diskusi
- Pendahuluan
- Mengingat materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya yaitu tentang segitiga siku-siku, sudut-sudut istimewa.
- Kegiatan Inti
- Siswa diminta mendiskusikan dan mengerjakan LKS masalah permainan bola yang berkaitan dengan barisan dan deret secara berkelompok.
- Meminta satu atau dua kelompok untuk melaporkan hasil diskusinya dan tinggapi oleh siswa yang. Guru memandu jalannya diskusi dan merukuskan jawaban yang benar.
- Siswa diminta menyelesaikan latihan yang bersesuaian.
- Penutup
- Guru bersama-sama merangkum semua materi yang telah dibahas.
- Guru memberi latihan soal untuk dikerjakan di rumah.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IX / Genap
Aspek : Persamaan Kuadrat
Kompetensi Dasar : 1.3.1. Menyelesaikan persamaan kuadrat menggunakan persamaan kuadrat untuk memecahkan masalah.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menyelesaikan persamaan kuadrat.
- Menggunakan persamaan kuadrat untuk memecahkan masalah.
2. Indikator
Siswa dapat:
- Mengenali persamaan kuadrat berbagai bentuk dan variabel
- Membedakan akar dan bukan akar persamaan kuadrat
- Mengubah suatu persamaan kuadrat ke dalam bentuk umum.
- Menentukan masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan dengan persamaan kuadrat.
- Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS 5.1
- Kegiatan Belajar Mengajar
- Metode Pembelajara : Komparatif
- Metode Pembelajaran : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok kooperatif.
- Pelaksanaan Pembelajaran.
- Pendahuluan
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif.
- Kegiatan Inti
- Siswa membaca cerita "Kebun Ayah" dan kemudian mendiskripsikan dengan teman sebangku pertanyaan 1 – 6 pada soal "Pikir dan diskusikan!" Buku siswa.
- Kemudian beberapa siswa mengemukakan hasil diskusinya.
- Guru membimbing siswa mengambil keputusan untuk dirinya sendiri (Sebagai panduan seperti dalam Kunci LKS 5.1)
- Guru mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4 atau 5 orang.
- Siswa dalam kelompok mendiskusikan LKS – 8.1 soal "Pikiran dan diskusikan!" pertanyaan 7 – 16 (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari tiap-tiap kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kemudian kelompok lain memberikan tanggapan. (Guru memandu jalannya diskusi dan membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan bersama, sebagai panduan guru dapat melihat kunci LKS – 5.1).
- Siswa membaca Buku Siswa dan kemudian jika ada pertanyaan didiskusikan bersama guru.
- Siswa kembali pada tempat duduk semula.
- Jika waktu masih ada, siswa mengerjakan soal-1 dan soal-2 Buku Siswa.
- Penutup
Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Aspek : Persamaan Kuadrat
Kompetensi Dasar : 1.31.Menyelesaikan persamaan kuadrat.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menyelesaikan persamaan kuadrat.
2. Indikator
Siswa dapat:
- Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan.
- Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS 5.2
- Kegiatan Belajar Mengajar
- Metode Pembelajara : Komparatif
- Metode Pembelajaran : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok kooperatif.
- Pelaksanaan Pembelajaran.
- Pendahuluan
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif.
- Kegiatan Inti
- Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku bagaimana menjawab pertanyaan –17 pada soal "Pikir dan Diskusi" (masalah Kebun Ayah) Buku Siswa
- Siswa mendiskusikan langkah-langkah pada kemungkinan I dengan teman sebangku, Buku Siswa
- Guru dan siswa diskusi tentang langkah-langkah pada kemungkinan I tersebut dan membimbing siswa mengambil keputusan untuk dirinya sendiri.
- Guru mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4 atau 5.
- Siswa alam kelompok mendiskusikan soal "Pikir dan Diskusi" (Masalah Sepak Bola) pada Buku Siswa dan dikerjakan pada LKS – 5-1 (Selama diskusi berlangsung guru memantau kerja dari tiap-tiap kelompok).
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kemudian kelompok lain memberikan tanggapan. (Guru memandu jalannya diskusi dan membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan bersama, sebagai panduan guru dapat melihat Kunci LKS – 5.2).
- Siswa kembali pada tempat duduk semula.
- Siswa secara individu dengan bimbingan dan pengarahan guru mengerjakan latihan 5.2 nomor 2b, 2c, 3a, 3c, 3e, dan 4 Buku Siswa.
- Jika masih ada waktu, siswa diberi kuis yang soalnya dapat diambil dari evaluasi 5.2
- Penutup
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran.
- Guru menugaskan siswa utuk mengerjakan di rumah soal latihan 5.2 yang belum dibahas.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IX / Genap
Aspek : Persamaan Kuadrat
Kompetensi Dasar : 13.1 Menyelesaikan persamaan kuadrat.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menyelesaikan persamaan kuadrat.
2. Indikator
Siswa dapat:
- Menurunkan rumus untuk menyelesaikan persamaan kuadrat.
- Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus persamaan kuadrat.
- Sumber Pembelajaran
- Buku siswa
- LKS 5.3
- Kegiatan Belajar Mengajar
- Metode Pembelajara : Komparatif
- Metode Pembelajaran : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok kooperatif.
- Pelaksanaan Pembelajaran.
- Pendahuluan
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif.
- Kegiatan Inti
- Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku untuk mengisi titik-titik pada LKS.
- Siswa membaca informasi pada Buku Siswa di bawah tabel.
- Guru mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4 atau 5 orang.
- Siswa dalam kelompok mendiskusikan bagaimana jawaban untuk soal "Kaitan dengan dunia nyata" Buku Siswa yang dikerjakan pada LKS – 5.3 (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari tiap-tiap kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kemudian kelompok lain memberikan tanggapan. (Guru memandu jalannya diskusi dan membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan bersama, sebagai panduan guru dapat melihat Kunci LKS – 5.3).
- Siswa bersama guru berdiskusi untuk menjawab soal "Berpikir Kritis" Buku Siswa.
- Siswa kembali pada tempat duduk semula.
- Siswa secara individu dengan bimbingan dan pengarahan guru mengerjakan latihan 5.3 nomor 1b, 1f, 2b, 2c, dan 3 Buku Siswa.
- Siswa secara individu mengerjakan kuis yang soalnya dapat diambil dari evaluasi –5.3
- Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan dan jika masih ada waktu dibahas bersama-sama di kelas.
- Penutup
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran.
- Guru menugaskan siswa utuk mengerjakan di rumah soal latihan 5.2 yang belum dibahas.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Aspek : Persamaan Kuadrat
Kompetensi Dasar : 13.1 Menyelesaikan persamaan kuadrat.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menyelesaikan persamaan kuadrat.
2. Indikator
Siswa dapat:
- Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan mengubah dulu ke bentuk persamaan kuadrat sempurna. Siswa minimal dapat:
- Menentukan apakah suatu persamaan kuadrat itu merupakan kuadrat sempurna atau bukan.
- Mengubah suatu persamaan kuadrat itu menjadi bentuk kuadrat sempurna.
- Mengubah suatu persamaan kuadrat sempurna menjadi bentuk kuadrat suku dua.
- Mencari penyelesaian persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna.
B. Sumber Pembelajaran
1. Buku siswa
2. LKS 5.2 dan evalusi 5-2.
C. Kegiatan Belajar Mengajar
1. Metode Pembelajara : Komparatif
- Metode Pembelajaran : Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok kooperatif.
- Pelaksanaan Pembelajaran.
- Pendahuluan
- Guru menyampaikan tuuan pembelajaran, meliputi tujuan produk dan efektif.
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif.
- Kegiatan Inti
- Guru mendiskusikan langkah-langkah pada Kemungkinan II dengan teman sebangku, Buku Siswa.
- Guru dan siswa diskusi tentang langkah-langkah pada kemungkinan I tersebut dan membimbing siswa mengambil keputusan untuk dirinya sendiri.
- Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan "Berpikir Kritis", pada Buku Siswa, dengan bimbinga guru.
- Guru mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4 atau 5 orang.
- Siswa dalam kelompok mendiskusikan soal "Pikir dan Diskusikan!" (Masalah Katak dan Masalah Atlet) Buku Siswa dan dikerjakan pada LKS – 52. (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari tiap-tiap kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kemudian kelompok lain memberikan tanggapan. (Guru memandu jalannya diskusi dan membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan bersama, sebagai panduan guru dapat melihat Kunci LKS-5.2)
- Siswa masih dalam kelompok mempelajari contoh pada Buku Siswa halaman 274 dan kemudian mendiskusikan bagaimana jawaban untuk soal "Berpikir Kritis" pada Buku Siswa.
- Selanjutnya siswa tetap dalam kelompok mendiskusikan LKS-5.2 tentang "Lab Mini" (Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja dari tiap-tiap kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan).
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kemudian kelompok lain memberikan tanggapan. (Guru memandu jalannya diskusi dan membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan bersama, sebagai panduan guru dapat melihat Kunci LKS-5.2).
- Siswa dalam kelompok mempelajari tabel dan rangkuman beserta contohnya pada Buku Siswa halaman, kemudian jika ada pertanyaan didiskusikan bersama guru.
- Siswa kembali pada tempat duduk semula.
- Siswa secara individu mengerjakan kuis yang soalnya diambil dari Evaluasi 5.2.
- Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan dan jika masih ada waktu dibahas bersama-sama sekelas.
- Penutup
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran.
- Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan di rumah soal latihan 5.2 yang belum dibahas.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Aspek : Pangkat Tak Sebenarnya
Kompetensi Dasar : Menyatakan pangkat tak sebenarnya
Alokasi Waktu : menit
A. 1. Hasil Belajar
- Siswa dapat menunjukkan kemampuan menyatakan pangkat tak sebenarnya kebentuk lain
2. Indikator
Siswa dapat:
- Menjelaskan bilangan bulat yang eksponennya negatif
- Mengenal arti pangkat negatif
- Mengubah pangkat negatif menjadi pangkat positif
- Mengenal arti pangkat nol
B. Sumber Pembelajaran
1. Buku siswa
- LKS dan evalusi
C. Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan pembelajaran langsung.
Metode : Ceramah, Tanya jawab dan diskusi kelompok.
I. Pendahuluan
- Guru mengaitkan materi dan motivasi siswa dengan cara mengingat kembali makna bilang berpangkat.
- Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan makna bilangan a-n, dan bersama siswa menyimpulkan bahwa a-n = 1/an dan meminta semua siswa secara mandiri mengerjakan LKS …….masalah …….
2. Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari dua orang atau empat orang. Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah …Untuk menemukan a n . a m = a n+m , m dan n bilangan bulat negatif dengan menggunakan arti bilangan berpangkat. Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama .
- Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah …. Untuk menemukan an/am = an-m, m dan n bilangan bulat negatif dengan menggunakan arti bilangan berpangkat Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama .
- Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah …. Untuk menemukan (an)m = an.m, m dan n bilangan bulat negatif dengan menggunakan arti bilangan berpangkat Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama .
- Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah …. Untuk menemukan (a.b)n = an.bn, n bilangan bulat negatif dengan menggunakan arti bilangan berpangkat Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama .
- Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah …. Untuk menemukan (a/b)n= an /bn dengan n bilangan bulat negatif dengan menggunakan arti bilangan berpangkat Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama .
- Siswa mengerjakan latihan secara mandiri, guru sebagai fasilitator.
III. Penutup
Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas. Guru memberikan tugas latihan yang belum dikerjakan di sekolah untuk dikerjakan di rumah .
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Aspek : Pangkat Tak Sebenarnya
Kompetensi Dasar : Menyatakan pangkat tak sebenarnya
Alokasi Waktu : menit
A. 1. Hasil Belajar
- Siswa dapat menunjukkan kemampuan menyatakan pangkat tak sebenarnya kebentuk lain
2. Indikator
Siswa dapat:
- Mengenali arti bilangan pecahan berpangkat dan menemukan hasilnya
- Mengubah bentuk akar suatu bilangan bulat menjadi bilangan pangkat pecahan dan sebailknya
B.. Sumber Pembelajaran
1. Buku siswa
2. LKS dan evalusi
C. Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan pembelajaran langsung.
Metode : Ceramah, Tanya jawab dan diskusi kelompok.
I. Pendahuluan
- Guru mengaitkan materi dan motivasi siswa dengan cara mengingat kembali makna akar suatu bilangan
- Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
II. Kegiatan Inti
- Guru mengingatkan kembali perolehan siswa yagn lalu tentang perpangkatan dari akar suatu bilangan, perkaliandari dua buah akar suatu bilangan, dan bilangan berpangkat yang dipangkatkan
- Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari dua orang atau empat orang. Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah …. Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama .
- Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah …. Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama .
- Siswa mengerjakan latihan secara mandiri, guru sebagai fasilitator.
III. Penutup
Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas. Guru memberikan tugas latihan yang belum dikerjakan di sekolah untuk dikerjakan di rumah .
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Aspek : Pangkat Tak Sebenarnya
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan Operasi Pangkat Tak Se benarnya
Alokasi Waktu : menit
A. 1. Hasil Belajar
- Siswa dapat menunjukkan kemampuan menyatakan pangkat tak sebenarnya kebentuk lain
2. Indikator
Siswa dapat:
- Menghitung perpangkatan dari akar suatu bilangan
B. Sumber Pembelajaran
1. Buku siswa
2. LKS dan evalusi
C. Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan pembelajaran langsung.
Metode : Ceramah, Tanya jawab dan diskusi kelompok.
I. Pendahuluan
Guru mengaitkan materi dan memotivasi siswa dengan cara mengingat kembali makna akar suatu bilangan. Guru menginformasikan hasil belajar yang dicapai
II. Kegiatan Inti
1. Guru mengingatkan kembali perolehan siswa yang lalu tentang perpangkatan dari akar suatu bilangan, perkalian dari dua buah akar suatu bilangan, dan bilangan berpangkat yang dipangkatkan
2. Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari dua orang atau empat orang. Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah … Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama .
3. Siswa mengerjakan latihan secara mandiri, guru sebagai fasilitator.
III. Penutup
Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas. Guru memberikan tugas latihan yang belum dikerjakan di sekolah untuk dikerjakan di rumah .
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Aspek : Pangkat Tak Sebenarnya
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan Operasi Pangkat tak Se benarnya
Alokasi Waktu : menit
A. 1. Hasil Belajar
- Siswa dapat menunjukkan kemampuan menyelesaikan operasi pangkat tak sebenarnya
2. Indikator
Siswa dapat:
- Menyelesaikan operasi kali, bagi, tambah, kurang, dan pangkat suatu bilangan berpangkat tak sebenarnya
B. Sumber Pembelajaran
1. Buku siswa
2. LKS dan evalusi
C. Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan pembelajaran langsung.
Metode : Ceramah, Tanya jawab dan diskusi kelompok.
I. Pendahuluan
1. Guru mengaitkan materi dan motivasi siswa dengan cara mengingat kembali makna bilangan berpangkat.
2. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
II. Kegiatan Inti
1. Guru mengingatkan kembali perolehan siswa yang lalu tentang hasil kali, bagi, tambah, kurang dan pangkat suatu bilangan berpangkat bulat.
2. Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari dua orang atau empat orang. Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah pada LKS untuk menemukan a p . a q = a p+q , dengan a bilangan riil, p dan q billangan rasional.. Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama .
3. Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari dua orang atau empat orang. Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah pada LKS untuk menemukan bentuk umum a p / a q = a p-q , dengan a bilangan riil, p dan q bilangan rasional.. Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama
4. Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari dua orang atau empat orang. Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah pada LKS untuk menemukan bentuk umum (a p )q = a p.q , dengan a bilangan riil, p dan q bilangan rasional.. Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama
5. Siswa mengerjakan latihan secara mandiri, guru sebagai fasilitator.
III. Penutup
Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas. Guru memberikan tugas latihan yang belum dikerjakan di sekolah untuk dikerjakan di rumah .
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Gasal
Aspek : Pangkat Tak Sebenarnya
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan Operasi Pangkat tak Se benarnya
Alokasi Waktu : menit
A. 1. Hasil Belajar
- Siswa dapat menunjukkan kemampuan menyelesaikan operasi pangkat tak sebenarnya
2. Indikator
Siswa dapat:
- Merasionalkan akar kuadrat
B. Sumber Pembelajaran
1. Buku siswa
2. LKS dan evalusi
C. Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan pembelajaran terbimbing.
Metode : Ceramah, Tanya jawab dan diskusi kelompok.
I. Pendahuluan
1. Guru mengaitkan materi dan motivasi siswa dengan cara mengingat kembali makna bilangan berpangkat.
2. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
II. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan operasi pembagian pada dua bilangan akar. Hasil operasi itu, penyebutnya merupakan bilangan irasional yang penyebutnya akan diubah menjadi bilangan rasional.
- Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari dua orang atau empat orang. Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah ….. LKS …. Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda, guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama.
- Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari dua orang atau empat orang. Setiap kelompok diminta mendiskusikan masalah pada LKS …... Hasil diskusi dipresentasikan oleh kelompok. Jika terdapat hasil yang berbeda guru membantu untuk membuat kesepakatan dengan semua kelompok mana diantara jawaban itu yang disepakati bersama .
- Siswa mengerjakan latihan secara mandiri, guru sebagai fasilitator.
III. Penutup
Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas. Guru memberikan tugas latihan yang belum dikerjakan di sekolah untuk dikerjakan di rumah .
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Aspek : Logaritma
Kompetensi Dasar : Menghitung Nilai Logaritma
Alokasi Waktu : menit
A. 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menghitung nilai logaritma
2. Indikator
Siswa dapat:
- Mengenali pengertian logaritma suatu bilangan untuk suatu bilangan pokok.
- Menghitung nilai logartma suatu bilangan untuk suatu bilangan pokok
B. Sumber Pembelajaran
1. Buku siswa
2. LKS dan evalusi
C. Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung dan Kooperatif
Metode : Ceramah, Tanya jawab, dan pemberian tugas dengan kerja kelompok.
I. Pendahuluan
1. Guru menyampaikan hasil belajar yang akan dicapai dan indikatornya.
- Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunaka yaitu kombinasi antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
- Siswa diingatkan tentang perpangkatan, sifat-sifatnya, dan penarikan akar.
- Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan-kesimpulan yang diperoleh dan menggarisbawahi pendapat siswa.
- Untuk mengecek kemampuan siswa tentang pengetahuan perpangkatan, sifat-sifatnya, dan penarikan akar, guru dapat memberika pertanyaan-pertanyaan.
II. Kegiatan Inti
- Siswa ditanya cara mencari logaritma melalui pembahasan masalah pembelahan sel
- Siswa bersama teman sebangku / sekelompok diminta mengerjakan soal-soal pada buku siswa atau LKS …. Guru memberikan motivasi untuk bekerjasama dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
- Siswa diminta mengerjakan latihan … yang telah ditentukan guru.
III. Penutup
Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas. Guru memberikan tugas latihan yang belum dikerjakan di sekolah untuk dikerjakan di rumah .
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Aspek : Logaritma
Kompetensi Dasar : Menghitung Nilai Logaritma dan menca ri kembali Logaritma suatu Bilangan dengan Daftar atau Kalkulator
Alokasi Waktu : menit
A. 1. Hasil Belajar
- Siswa menunjukkan kemampuan menggunakan daftar / table logaritma atau kalkulator untuk mencari nilai logaritma
2. Indikator
Siswa dapat:
- Membaca table / daftar logaritma atau menggunakan kalkulator untuk mencari nilai logaritma.
B. Sumber Pembelajaran
1. Buku siswa
2. LKS dan evalusi
C. Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung dan Kooperatif
Metode : Ceramah, Tanya jawab, dan pemberian tugas dengan kerja kelompok.
I. Pendahuluan
1. Guru menyampaikan hasil belajar yang akan dicapai dan indikatornya.
2. Guru mengaitkan materi dan memotivasi siswa dengan cara mengingat kembali arti logaritma dan kegunaan table / daftar logaritma atau kalkulator untuk menghitung dengan logaritma.
II. Kegiatan Inti
- Guru memberi contoh cara menggunakan table
- Siswa diberi tugas mencari hasil logaritma suatu bilangan dengan menggunakan table.
- Siswa diberi tugas mencari nilai logaritma suatu bilangan jika diketahui hasil logaritmanya
- Secara berkelompok siswa disuruh mencari beberapa nilai suatu bilangan pada LKS hal …. dengan table
- Siswa mendiskusikan hasil perolehan dengan teman-temannya
- Guru memberi umpan balik agar siswa dapat menyimpulkan cara menggunakan kalkulator
- Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal buku paket halaman …. nomor …..
- Guru memberi contoh cara menggunakan kalkulator
- Siswa diberi tugas mencari hasil logaritma suatu bilangan dengan menggunakan kalkulator
- Siswa diberi tugas mencari nilai logaritma suatu bilangan jika diketahui hasil logaritmanya
- Secara berkelompok siswa disuruh mencari beberapa nilai suatu bilangan pada LKS hal …. dengan kalkulator
- Siswa mendiskusikan hasil perolehan dengan teman-temannya
- Guru memberi umpan balik agar siswa dapat menyimpulkan cara menggunakan kalkulator
- Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal buku paket halaman …. nomor
III. Penutup
Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman semua materi yang dibahas. Guru memberikan tugas latihan yang belum dikerjakan di sekolah untuk dikerjakan di rumah .
baik
ReplyDelete