Sunday, March 5, 2023

contoh LAPORAN KERJA KEPALA SEKOLAH

 




LAPORAN KERJA 

KEPALA SEKOLAH

























Oleh:

ZULFIKRI, S.Pd

NIP. 19810522 200904 1 002



Pemerintah Kabupaten OKU Timur

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kab. OKUTimur

SMP Negeri 2 Madang Suku I

Kecamatan Madang Suku I

Tahun 2021-2022





LEMBAR IDENTITAS KEPALA SEKOLAH


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Madang Suku I

Nama Kepala Sekolah : Zulfikri, S.Pd

TMT Kepala Sekolah : 1 Desember 2021

NIP : 19810522 200904 1 002

NUPTK : 1854759660200022

Sertifikat Pendidik : 1041215704101

Pangkat Golongan Ruang : Penata Tk. I/ III.d

Alamat Sekolah

Nama Jalan : Jl. Desa Gunung Terang

Kelurahan atau Desa : Gunung Terang

Kecamatan : Madang Suku I

Kabupaten : OKU Timur

Provinsi : Sumatera Selatan

Telpon/Fax : -




























LEMBAR PENGESAHAN


JudulLaporan : Laporan Kerja Kepala SMP Negeri 2 MadangSuku I 

NamaKepalaSekolah : Zulfikri, S.Pd

NIP : 19810522 200904 1 002

Pangkat/GolonganRuang : Penata Tk. I / III.d

NUPTK : 1854759660200022

TempatTugas : SMP Negeri 2 MadangSuku I

Jabatan : KepalaSekolah


Isi Kegiatan Laporan Kerja Kepala SMP Negeri 2 MadangSuku I Kecamatan MadangS uku I Kabupaten OKU Timur :

Perencanaan.

Pelaksanaan.

Evaluasi.


Membenarkan bahwa semua isi dalam Laporan Kerja Kepala Sekolah per 1 Desember 2021 sampai dengan 31 Desember 2022 adalah sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.







Gunung Terang, 31 Januari 2023


Pengawas SMP





SUPARNI, S.Pd

NIP. 19660412 198903 1 007







KATA PENGANTAR



Puji dan syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT. yang telah  melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah kepada kami, sehingga kami dapat  menyusun Laporan Tahunan Kepala Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022, sholawat  serta salam semoga selamanya dicurah limpahkan kepada panutan alam kepada Nabi  Muhammad SAW, kepada kelurganya, para sahabatnya, dan semoga kita semua  dalam menjalani kehidupan di dunia ini mendapat ridho magfiroh Allah SWT. 

Merupakan salah satu kewajiban Kepala Sekolah setiap akhir tahun pelajaran  menyampaikan Laporan Tahunan sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan program  pendidikan selama kurun waktu satu tahun pelajaran yang disampaikan kepada orang  tua siswa serta kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. 

Kami menyadarai bahwa Laporan Tahunan yang kami sampaikan ini masih  jauh dari sempurna, tidak terperinci serta mendetil hanya memuat garis besarnya saja  karena keterbatasan kemampuan, ruang dan waktu, namun demikian semoga Laporan  Tahunan ini dapat dijadikan bahan kajian dan evaluasi demi perbaikan dalam  penyelenggaraan program pendidikan dimasa yang akan datang. 

Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Komite Sekolah,orang tua siswa,  masyarakat, dan pihak terkait yang telah membantu lancarnya penyelanggaraan  pendidikan di SMP Negeri 2 MadangSuku I Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, semoga amal kebaikannya mendapat pahala  dan ridho Allah SWT. Aamiiin! 

Gunung Terang, 31 Januari 2023

Kepala Sekolah

Zulfikri, S.Pd

NIP. 19810522 200904 1 002



LAPORAN TAHUNAN

KEPALA SMP NEGERI 2 MADANG SUKU I

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

I. PENDAHULUAN 

Pembangunan Pendidikan pada SMP Negeri 2 MadangSuku I bertujuan  untuk mewujudkan siswa yang Terdidik, terampil, dan berakhlak mulia yang berdasarkan iman dan taqwa yang mengacu visi SMP Negeri 2 MadangSuku I dalam  mewujudkan insan pembelajar yang Prestatif, Agamais, Adiwiyata, Santun, Terampil,  Inovatif, Optimis dan Kompetitif. 

Berdasarkan pada kondisi nyata, kebutuhan, kemampuan, kewenangan, dan tanggung jawab, maka bidang pendidikan perlu dibangun dan dikembangkan dengan  komitmen bersama antara pemerintah, masyarakat, dan orang tua murid dalam  penyelenggaran pendidikan secara demokratis, terbuka, partisipatif, bermartabat, dan  bertanggung jawab. Untuk itu, kepala sekolah dituntut mampu menyusun program  kerja yang akuntabel, dan melaporkannya kepada pihak terkait pada akhir tahun  pelajaran. 

Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan sekolah menengah pertama,  dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan yaitu; meletakkan dasar  kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup  mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. 

Program pendidikan tahun pelajaran 2021/2022 di SMP Negeri 2 Madang Suku I dapat  terselenggara berkat kerjasama yang baik antara ketiga komponen yakni; pemerintah,  masyarakat dan orang tua.

II. DASAR HUKUM 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem  Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003  Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301) 

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang  Pemerintah Daerah 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penetapan  Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014  tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang  Pemerintah Daerah menjadi Undang-Undang 

Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional  Pendidikan 

Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Pendanaan Pendidikan; 

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Guru; 

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang  Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun  2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang  Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar  Nasional Pendidikan 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 5 Tahun 2022  tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah; 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 25 Tahun 2022  tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Pedoman Guru untuk Pendidikan  Dasar dan Menengah 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34,35,36,37  Tahun 2018 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2018 Tentang Kurikulum SMP

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62  Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63  Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan  Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 79  Tahun 2014 tentang Mutan Lokal Kurikulum 2013 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor  16 Tahun 2022 tentang Standar Proses

Permendikbud No. 21 Tahun 2022 Tentang Standar penilaian pendidikan

Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 tentang komite sekolah.



III.TUJUAN 

Laporan Tahunan Kepala Sekolah yang disampaikan pada akhir tahun  pelajaran bertujuan antara lain: 

Untuk menyampaikan pelaksanaan program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran  2021/2022

Melaporkan pencapaian kompetensi peserta didik, serta kemajuan belajar siswa. 

Sebagai bahan evaluasi tentang pelaksanaan program sekolah selama satu tahun  pelajaran. 

Menampung saran atau masukan dari orang tua siswa, masyarakat dan pihak  pemerintah (Instansi terkait) demi perbaikan program dan pelaksanaan program  pendidikan untuk tahun pelajaran berikutnya 

Menyampaikan kepada orang tua siswa.

IV.MATERI LAPORAN 

Materi Laporan Tahunan Kepala Sekolah mengacu pada Program Sekolah  yang telah dirumuskan pada awal tahun pelajaran bersama Komite Sekolah. Adapun Materi Laporan Tahunan Kepala Sekolah adalah sebagai berikut: 

A. Pengembangan kurikulum 

Penyusunan dokumen KTSP yang memenuhi Standar Isi. 

Pelaksanaan koordinasi dengan unsure komite sekolah, narasumber, dan pihak lain yang terkait dalam pengembangan kurikulum. 

B. Pengembangan pembelajaran 

Workshop untuk mereview dan penyelarasan RPP sesuai Standar Proses. 

Pengadaan buku teks Muatan Lokal Bahasa Komering kelas VII, VIII, dan IX. 

Pengadaan buku referensi di Perpustakaan sekolah

Pengadaan Rak buku besi di Perpustakaan sekolah

Pengusulan pengadaan berbagai  sumber belajar kepada pihak dinas pendidikan. 

Pelaksanaan kegiatan supervisi pembelajaran 

C. Pembinaan kesiswaan/ektrakurikuler 

Pelaksanaan pelayanan konseling yang diperuntukkan bagi semua  peserta didik yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan  sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik. 

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler wajib: Kepramukaan.

Pelaksanaan kegiatan Sholat berjama’ah dan wajib baca sebelum pulang  sekolah. 

Pelaskanaan peringatan hari besar agama, misalnya pondok ramadhan,  idul qurban dsb. 

Pengadaan dokumen pedoman akademik, tata tertib dan kode etik siswa  dalam bentuk buku saku sehingga mudah dibaca dan dipelajari siswa. 

Pelaksanaan pementasan kegiatan seni dan budaya minimal sekali dalam  1 semester

Pelaksanaan penyuluhan tentang pola hidup sehat, perawatan tubuh serta  lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta  menjauhi narkoba melalui kerjasama dengan lembaga terkait yang berkerjasama dengan pihak Kepolisian Polsek Madang Suku I dan Puskesmas Kec. Madang Suku I

Pelaksanaan kegiatan belajar yang disiapkan untuk melanjutkan ke  jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui kegiatan remedial serta pengayaan.

Pelaksanaan program kesiswaan Pelatihan kompetensi dasar siswa / OSIS

Peningkatan kompetensi ketua dan wakil ketua OSIS pada kegiatan pelatihan siswa di kabupaten.

D. Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan 

Pelaksanaan program peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru melalui kegiatan diklat, seminar, workshop,dsb melalui platform Merdeka Mengajar, webinar.

Pembuatan pedoman akademik, tata tertib dan kode etik guru dalam  bentuk buku saku sehingga mudah dibaca dan dipelajari guru. 

Pembayaran tenaga honorer. 

Seluruh guru telah mengikuti pembelajaran menggunakan platform PMM

Satu orang guru telah lulus Guru penggerak angkatan 4 an. Suyono, S.Pd.

Satu orang guru telah lulus seleksi Program guru Penggerak Angkatan 7 an. Zulfikri, S.Pd.

Satu orang guru telah mengikuti seleksi tahap II Program Guru Penggerak an. Bagas Anwari, S.Pd

Satu orang guru mengikuti seleksi Tahap II Calon Pengajar Praktik.an. Suyono, S.Pd.

Satu Orang Guru lulus seleksi untuk mengikuti School Leadership Workshop (SLW) Batch 4An. Suyono, S.Pd

E. Pengembangan sarana dan prasarana sekolah 

Pengajuan proposal oleh kepala sekolah dan komite sekolah untuk rehab gedung sekolah kepada pemerintah kab./kota atau pihak-pihak yang berkepentingan.

Menerima DAK rehab gedung Mushola tahun 2023

Menerima DAK pembangunan ruang UKS 1 unit tahun 2023

Menerima DAK pembangunan WC siswa 1 unit tahun 2023

Pengecoran lapangan sekolah oleh komite sekolah implementasi permendikbud no 75 tahun 2016 tentang komite sekolah.

Pemenuhan kelengkapan ruang kelas untuk meningkatkan kenyamanan  ruang kelas dalam proses KBM. 

Pemenuhan kelengkapan perpustakaan untuk meningkatkan kenyamanan  ruang perpustakaan dalam mendukung proses KBM. 

Pemenuhan kelengkapan Lab IPA untuk meningkatkan kenyamanan  ruang Laboratorium dalam mendukung proses KBM. 

Pemenuhan kelengkapan Lab. Komputer untuk meningkatkan kenyamanan  ruangLab. Komputer dalam mendukung proses KBM. 

Pengajuan proposal untuk pemenuhan kebutuhan buku perpustakaan kepada berbagai pihak terkait. 

Pengajuan proposal untuk pengadaan peralatan/ toolkits lab IPA untuk mendukung  pelaksanaan KBM.

Pengajuan proposal untuk pengadaan perangkatkomputer untuk mendukung  pelaksanaan KBM.

Pemenuhan kelengkapan ruang pimpinan untuk meningkatkan  kenyamanan, sehingga dapat mendukung kerja pimpinan. 

Pelaksanaan ANBK secara Mandiri dan ditumpangi ; Peningkatan server dan SDM (proctor dan Tehnisi)

F. Pengembangan Manajemen 

Menjadikan Platform rapor mutu sebagai referensi utama dalam menganalisis, merencanakan, melakukan tindak lanjut dalam peningkatan kualitas pendidikan di SMP Negeri 2 Madang Suku I.

Pelaksanaan review visi, misi, dan tujuan sekolah dengan melibatkan  seluruh stake holder. 

Pelaksanaan sosialisai visi misi dan tujuan sekolah melalui pemasangan  spanduk atau banner serta pengumuman secara tertulis kepada seluruh  warga sekolah. 

Pelaksanaan Penyusunan RKS dan RKAS dengan melibatkan  seluruh stake holder sekolah yang dapat menunjang peningkatan mutu  sekolah melalui realisasi visi dan misi ke dalam pelaksanaan kegiatan  pembelajaran, pengelolaan PTK, dan pelaksanaan kegiatan kesiswaan. 

Penyusunan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah 

Pelaksanaan kegiatan rapat antara kepala sekolah dengan dewan guru untuk membahas proses akreditasi sekolah dan penyusunan tim akreditasi sekolah serta Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS). 

Pelaksanaan penanaman dan pembuatan taman sekolah untuk  menciptakan lingkungan yang beriman (bersih indah dan nyaman). 

Penyediaan laporan pengelolaan keuangan secara periodik dan akuntabel  agar mudah diakses oleh warga sekolah. 

PenyediaanATS dan BAHP untuk mendukung kegiatan manajemen  sekolah.

Pelaksanaan supervisi administrasi, monitoring, dan evaluasi sekolah 

G. Pengembangan Sistem Penilaian 

Pelaksanaan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir  semester, dan ulangan kenaikan kelas. 

Pelaksanaan latihan ujian sekolah dan ANBK. 

Pelaksanaan juknis PPDB sesuai dengan pedoman yang berlaku.

H. Pembiayaan dan pendanaan 

Peningkatan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan  sekolah. 

Penjalinan kerjasama dengan stakeholder/ Komite Sekolah. 

Penyusunan RKAS tepat waktu dan sesuai pedoman. 

Promosi sekolah melalui media cetak dan elektronik. 

I. Lingkungan dan Budaya Sekolah 

Terlaksananya Pembuatan tempat duduk batu bawah pohon

Terlaksananya pembuatan papan nama sekolah beton

Terlaksananya pembuatan atap sambung antar gedung guru dan perpustakaan

Terlaksananya Pembuatan kebun sekolah dengan memamfaatkan lahan kosong

Terlaksananya pengecoran lapangan upacara sekolah.

Menetapkan Hari baca sekolah.

Peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat serta stakeholder untuk  terciptanya lingkungan yang aman 

Praktik baik menyambut siswa datang di sekolah setiap pagi.

Guru siswa selalu bersalaman sepulang sekolah.

Literasi Digital ; Berpartisifasi dalam kegiatan Festifal film Pendek tingkat kabupaten (Juara harapan I)


Lampiran :

Terlaksananya Pembuatan tempat duduk batu bawah pohon

















Terlaksananya pembuatan papan nama sekolah beton













Terlaksananya pembuatan atap sambung antar gedung guru dan perpustakaan









Terlaksananya Pembuatan kebun sekolah dengan memamfaatkan lahan kosong
















Terlaksananya pengecoran lapangan upacara sekolah.








( Gambar : Lapangan Upacara sebelum di cor per 31 Januari 2022)
















(Gambar :Lapangan Upacara setelah di cor  seluas 756 m2 pertanggal 31 Januari 2023,

Pelaksanaan pengecoran dilakukan selama 2 tahap yaitu pada bulan Juni dan November 2022, Sumber dana Komite Sekolah )


Menetapkan Hari baca sekolah.















(Gambar :Kegiatan setiap pembiasaan literasi. Menetapkan hari sabtu sebagai hari literasi SMP N 2 Madang Suku I, dimana pada setiap hari sabtu pada waktu yang telah ditentukan siapapun yang hadir pada hari waktu tersebut wajib membaca.



Perpustakaan (Penambahan rak buku besi)















Literasi Digital : Juara Harapan I Festifal Film Pendek Kabupaten








Pengusulan Rehab Mushola, Ruang UKS, dan WC Siswa (DAK 2023)








(Gambar: Monitoring tim DAK 2023 )


Melaksanakan ANBK Mandiri dan ditumpangi.