Friday, March 5, 2010

RPP MTK Kelas 8

 

 

            

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

                Satuan Pendidikan    :

                Mata Pelajaran    : Matematika

                Kelas / semester    : VIII / 1

                Bahan Kajian        : Faktorisasi Suku Aljabar

                Alokasi Waktu    : 8 jam pel ( 2 x pertm )

 

  • Standar Kompetensi

    Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis dan sistem persamaan serta menggunakan dalam pemecahan masalah

     

  • Kompetensi Dasar

    Menyelesaikan operasi bentuk aljabar

 

  • Indikator
    • Menjelaskan pengertian koefisien, variabel, konstanta, suku satu, suku dua dan suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda
    • Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali dan pangkat dari suku satu, suku dua.
    • Menyelesaikan pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis.

 

  • Tujuan Pembelajaran Khusus
    • Siswa dapat mengelompokkan suku-suku sejenis dari suatu suku banyak
    • Siswa dapat menyederhanakan suku banyak dengan mengelompokkan suku-suku yang sejenis.
    • Menjelaskan pengertian koefisien, variabel, konstanta, suku satu, suku dua dan suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda
    • Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali dan pangkat dari suku satu, suku dua.
    • Menyelesaikan pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis.

 

  • Materi Pokok
    • Pengetian suku satu, suku dua dan suku banyak
    • Operasi tambah, kurang, kali dan pangkat dari suku satu, suku dua dan suku banyak
    • Pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis

     

  • Metode

    Resitasi, pemberian tugas dan diskusi kelompok

 

  • Strategi Pembelajaran
    • Pertemuan I
      • Pendahuluan
        • Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
        • Apersepsi

              Mengingatkan kembali tentang suku-suku sejenis, koefisien, variabel, konstanta, suku sejenis dan tidak sejenis.

           

      • Kegiatan Inti
        • Guru menanyakan tentang suku-suku sejenis, koefisien, variabel, konstanta, suku sejenis
        • Guru menanyakan kembali tentang penjumlahan, pengurangan, perkalian dan perpangkatan dari suku satu
        • Guru meminta siswa menyelesaikan soal tentang penjumlahan, pengurangan, perkalian dan perpangkatan dari suku satu
        • Guru menjelaskan tentang penjumlahan, pengurangan, perkalian dan perpangkatan dari suku satu
        • Siswa mengerjakan LK yang disediakan guru secara kelompok
        • Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok.            
        • Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil kerja siswa dan menyelesaikan soal yang tidak bisa dikerjakan siswa.

         

         

         

         

      • Penutup
        • Guru bersama siswa membuat ringkasan materi yang baru dibahas.
        • Guru memberi tugas rumah.

         

    • Pertemuan 2
      • Pendahuluan
        •     Membahas PR / tugas hari yang lalu
        • Menyampaikan tujuan pembelajaran
        •     Mengingatkan kembali tentang suku sejenis, tidak sejenis, perkalian dan pangkat dari suku satu

         

      • Kegiatan Inti
        •     Guru menyajikan masalah yang berkaitan dengan pembagian suku sejenis atau tidak sejenis
        • Guru memberi contoh tentang pembagian suku sejenis atau tidak sejenis
        •     Siswa mengerjakan LK secara kelompok dengan bimbingan guru
        • Siswa melaporkan hasil kerja kelompok
        •     Guru membahas hasl kerja siswa

         

      • Penutup
        •     Guru bersama siswa membuat ringkasan materi yang baru dibahas
        • Guru memberi tugas atau PR

 

  • Sumber Belajar
    • Buku Paket Siswa
    • Buku LKS
    • Buku-buku lain yang relevan

 

  • Penilaian
    • Jenis Tagihan        : Tes
    • Bentuk Tagihan        : Isian singkat
    • Instrumen        : Tertulis

     

    Pertemuan 1

    1. Tentukan hasil dari :            3. Tentukan hasil dari :

        a. ( 9x – 5 ) + ( x + 12 ) =    a. 6a( 3a2 – 7b ) =

        b. ( 9x – 6 ) – ( 5x – 3 ) =    b. ( x + 9 )( x – 3 ) =

     

    2. Sederhanakan    4. Tentukan hasil pangkat dari :

        a. 7a + 2a – 4a =    a. ( 2p ) 2 =

        b. 10p + 3p – 12q – 4q =    b. ( 4pq )2 =

     

    Pertemuan 2

    1. Tentukan hasil dari :    2. Sederhanakan

        a. 12ab : 3a =    a. ( a7 : a4 ) : a2 =

        b. 6x3y2 : 2x2y =    b. x7y6 : ( x2y X x3y4 ) =

    Kunci Jawaban

    Pertemuan 1

    1.    a. 10x + 7    2.    a. 5a    3.    a. 18a3 – 42ab    4.     a. 8p3

        b. 4x – 3    b. 6p – 9q    b. x2 + 6x – 27    b. 64p4q4

    Pertemuan 2

    1. a. 4b    b. 3xy    2. a. a    b. x2y

          

     

     

                    

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

                Satuan Pendidikan    :

                Mata Pelajaran    : Matematika

                Kelas / semester    : VIII / 1

                Bahan Kajian        : Faktorisasi Suku Aljabar

                Alokasi Waktu    : 8 jam pel ( 4 x pertm )

 

  • Standar Kompetensi

    Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis dan sistem persamaan serta menggunakan dalam pemecahan masalah

 

  • Kompetensi Dasar

    Menentkan faktor-faktor suku aljabar.

 

  • Indikator
  1. Memfaktorkan suku banyak bentuk aljabar sampai dengan suku tiga
  2. Menyederhanakan pembagian suku
  3. Menyelesaikan perpangkatan konstanta dan suku

 

  • Tujuan Pembelajaran Khusus
  1. Siswa dapat memfaktorkan suku banyak dengan cara memisahkan faktor persekutuannya.
  2. Siswa dapat memfaktorkan bentuk

        x2 + 2xy + y2 = _____

        x2 - 2xy + y2 = _____

  3. Siswa dapat memfaktorkan bentuk selisih kuadrat
  4. Siswa dapat memfaktorkan bentuk ax2 + bx + c, dengan a = 1 dan c > 0
  5. Siswa dapat memfaktorkan bentuk ax2 + bx + c, dengan a = 1 dan c < 0
  6. Siswa dapat memfaktorkan bentuk ax2 + bx + c, dengan a ¹ 1
  7. Siswa dapat menyederhanakan pembagian suku
  8. Siswa dapat menyelesaikan perpangkatan konstanta dan suku

 

  • Materi Pokok
  1. Memfaktorkan suku banyak bentuk aljabar sampai dengan suku tiga
  2. Menyederhanakan pembagian suku
  3. Menyelesaikan perpangkatan konstanta dan suku

 

  • Metode

    Ceramah, Tanya jawab, Pemberian tugas, diskusi kelompok

 

  • Strategi Pembelajaran
    • Pertemuan 1
      • Pendahuluan
        • Guru mengingatkan kembali tentang hukum distributif pada siswa
        • Menyampaikan tujuan pembelajaran

       

      • Kegiatan Inti
        • Guru mengingatkan kembali tentang hukum distributif
        • Guru menjelaskan tentang faktorisasi / memfaktorkan
        • Memberi contoh faktorisasi dengan memisahkan faktor persekutuannya
        • Siswa mengerjakan soal-soal secara kelompok
      • Salah satu wakil kelompok melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas, siswa yang lain menanggapinya
      • Guru mengintakan kembali tentang pengkuadratan dua suku
      • Dengan bantuan guru dan contoh-contoh, sswa menemukan cara memfaktorkan bentuk x2 + 2xy + y2 dan x2 - 2xy + y2
      • Siswa mengerjakan soal-soal secara kelompok
      • Salah satu wakil kelompok melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas, siswa yang lain menanggapinya

       

       

       

      • Penutup
        • Membuat rangkuman
        • Guru memberi tugas untuk PR

         

    • Pertemuan 2

      1. Pendahuluan

  1.     Membahas PR
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

  1. Kegiatan Inti
  • Guru mengingatkan kembali tentang (x + y)(x - y) = x2 – y2
  • Guru menjelaskan bentuk diatas dapat ditulis sebagai bentuk faktorisasi x2 – y2 = (x + y)(x - y)
  • Dengan tanya jawab, guru memberi contoh faktorisasi selisih dua kuadrat
  • Siswa mengerjakan soal-soal secara kelompok
  • Salah satu wakil kelompok melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas, siswa yang lain menanggapinya
  • Guru bersama-sama siswa memfaktorkan bentuk ax2 + bx + c, dengan a = 1 dan c > 0
  • Siswa mengerjakan soal-soal secara kelompok
  • Salah satu wakil kelompok melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas, siswa yang lain menanggapinya

 

  1. Penutup
    1. Membuat rangkuman
    2. Guru memberi tugas untuk PR

 

  • Pertemuan 3

    1. Pendahuluan

  1. Membahas PR
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan cara memfaktorkan bentuk ax2 + bx + c, dengan a ¹ 1 dengan menggunakan contoh
  2. Siswa mengerjakan soal-soal secara kelompok
  3. Salah satu wakil kelompok melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas, siswa yang lain menanggapinya

 

3. Penutup

  1. Membuat rangkuman
  2. Guru memberi tugas untuk PR

 

  • Pertemuan 4

1. Pendahuluan

  1. Membahas PR
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  1. Guru bersama siswa menyederhanakan pembagian suku
  2. Siswa mengerjakan soal-soal secara kelompok
  3. Salah satu wakil kelompok melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas, siswa yang lain menanggapinya
  4. Guru bersama siswa menyelesaikan perpangkatan konstanta dan suku

 

3. Penutup

  1. Membuat rangkuman
  2. Guru memberi tugas untuk PR

 

 

 

 

 

H.    Sumber Belajar

  1. Buku Paket Siswa
  2. Buku LKS

 

I.    Penilaian

  • Jenis Tagihan        : Tes
  • Bentuk Tagihan        : Isian singkat
  • Instrumen        : Tertulis

 

 

Contoh Soal

Pertemuan 1

Faktorkanlah

a. 3a – 9 =            c. x2 – 4xy + 4y2 =

b. 2x2 + 3x =            d. 2x2 + 6xy + y2 =

 

Pertemuan 2

Faktorkanlah

a. x2 – x – 6 =            c. x2 + 3x – 10 =

b. x2 + 5x + 6 =            d. x2 – 3x – 4 =

 

Pertemuan 3

Faktorkanlah

a. 2x2 – x – 6 =            c. 5x2 – 9x – 2 =

b. 3x2 + 11x + 6 =        d. 6x2 + 7x + 2 =

 

Pertemuan 4

Faktorkanlah

a.                 c.

b.             d.

 

 

                

 

 

Kunci Jawaban

Pertemuan 1

a. 3(a – 3)    b. x(2x + 3)    c. (x – 2y)(x – 2y)    d. (3x + y)(3x +y)

 

Pertemuan 2

a. x = 3 & x = 2    b. x = -3 & x = -2    

c. x = -5 & x = 2    d. x = 4 & x = 1

 

Pertemuan 3

a. (2x + 3)(x – 2)    b. (3x + 2)(x + 3)    

c. (5x + 1)(x – 2)    d. (3x + 2)(2x + 1)

 

Pertemuan 4

a. 2            b. 2x            c. 2x – 1        d. 3x + 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

                Satuan Pendidikan    :

                Mata Pelajaran    : Matematika

                Kelas / semester    : VIII / 1

                Bahan Kajian        : Faktorisasi Suku Aljabar

                Alokasi Waktu    : 8 jam pel ( 4 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis dan sistem persamaan serta menggunakan dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

    Menyelesaikan operasi pecahan bentuk aljabar

 

C.    Indikator

  • Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pecahan bentuk aljabar
  • Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar

 

D.    Tujuan Pembelajaran Khusus

1.     Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan atau pengurangan pecahan dalam bentuk aljabar

2.     Siswa dapat menentukan hasil pengalian atau pembagian pecahan dalam bentuk aljabar

3.    Siswa dapat menyelesaikan soal-soal penjumlahan, pengurangan, pengalian atau pembagian pecahan dalam bentuk aljabar yang sederhana

4.    Siswa dapat menyederhanakan pecahan dengan memfaktorkan pembikang dan penyebutnya

 

E.    Materi Pokok

1.     Penyelesaian operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pecahan bentuk aljabar dengan penyelesaian suku satu dan suku dua

2.    Penyederhanaan pecahan bentuk aljabar

 

F.    Metode

1.     CTL

2.    Kooperatif Learning

3.     Ceramah bervariasi

 

G.    Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

  1. Guru mengulang penjumlahan dan pengurangan pecahan,
  2. Guru memotivasi siswa bahwa pembelajaran yang akan dilakukan merupakan kelanjutan dari pemfaktoran yang telah dipelajari sebelumnya

 

2. Kegiatan Inti

  1. Siswa dimotivasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan faktor-faktor suku aljabar.
  2. Guru memberi contoh operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam bentuk aljabar
  3. Guru meminta agar siswa berkelompok 4-5 orang untuk mendiskusikan peryataan operasi dalam bentuk aljabar.
  4. Siswa mengerjakan soal-soal latihan dari guru.
  5. Kelompok yang selesai lebih awal diminta untuk mempresentasikan hasilnya, kelompok yang lain menanggapinya dan guru memberi umpan balik serta penghargaan.
  6. Sisswa diminta untuk mendiskusikan pecahan pecahan dalam bentuk aljabar.
  7. Siswa mengerjakan soal-soal dalam kelompok dari buku paket, guru membimbing siswa yang memerlukan.

 

3. Penutup

  • Guru meminta siswa untuk merangkum tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam bentuk aljabar.
  • Guru meminta siswa untuk membuat refleksi tentang pembelajaran.
  • Diberikan PR.
  • Pertemuan 2.

    1. Pendahuluan

  1.     Membahas PR
  2. Memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  1.     Siswa dimotivasi dengan pertayaan-pertanyaan yang berkaitan dengan faktor-faktor suku aljabar.
  2. Guru memberi contoh operasi perkalian dan pembagian pecahan dalam bentuk aljabar.
  3.     Siswa berkelompok 4-5 orang untuk mendiskusikan peryataan operasi perkalian dan pembagian pecahan dalam bentuk aljabar    
  4. Siswa mengerjakan soal-soal latihan dari guru
  5.     Salah seorang siswa mewakili kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok yang lain menanggapi dan guru memberi umpan balik serta penghargaan.
  6.     Siswa diminta untuk mendiskusikan operasi perkalian dan pembagian pecahan dalam bentuk aljabar.
  7. Sisawa mengerjakan soal dari buku paket, guru membimbing siswa yang memerlukan.

 

3. Penutup

  • Guru meminta siswa untuk merangkum operasi perkalian dan pembagian pecahan dalam bentuk aljabar.
  • Guru meminta siswa untuk membuat refleksi tentang pembelajaran.
  • Diberikan PR.

 

  • Pertemuan 3

1. Pendahuluan

  1. Membahas PR
  2. Memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  1. Siswa dimotivasi dengan pertayaan-pertanyaan yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian pecahan dalam bentuk aljabar sederhana.
  2. Guru meminta siswa berkelompok 4-5 orang untuk mendiskusikan soal-soal dari guru yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian pecahan dalam bentuk aljabar sederhana.
  3. Guru membimbing siswa yang memerlukan.
  4. Siswa mengerjakan soal-soal dari buku paket.
  5. Siswa yang selesai lebih awal diminta untuk mempresentasikan hasilnya, sedang kelompok lain menanngapinya dan guru memberi umpan balik.

     

3. Penutup

  • Guru meminta siswa untuk membuat refleksi tentang pembelajaran
  • Guru memberi PR

 

  • Pertemuan 4

1. Pendahuluan

  • Membahas PR
  • Memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  • Siswa dimotivasi dengan pertayaan-pertanyaan yang berkaitan dengan menyederhanakan pecahan dengan memfaktorkan pembilang dan penyebut.
  • Guru memberi contoh menyederhanakan pecahan dengan memfaktorkan pembilang dan penyebut
  • Siswa mengerjakan soal dari guru secara berkelompok
  • Siswa yang selesai lebih awal diminta untuk mempresentasikan hasilnya, sedang kelompok lain menanngapinya dan guru memberi umpan balik serta penghargaan.
  • Siswa mengerjakan soal dari buku paket, guru membimbing siswa yang memerlukan.

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa merangkum tentang menyederhanakan pecahan dengan memfaktorkan pembilang dan penyebut
  2. Siswa diberi PR.

 

H.    Sumber Belajar

  1. Buku Paket Siswa
  2. Buku LKS

 

I.    Penilaian

  • Jenis Tagihan    : Tes
  • Bentuk Tagihan    : Isian
  • Instrumen        : Tertulis

 

Contoh Soal

Pertemuan 1.

1. Tentukan hasilnya

    a. + =                 b.

 

2. Sederhanakan

    a.                 b.

 

Pertemuan 2.

Faktorkan hasilnya

a.         b.     c.         d.

 

Pertemuan 3.

Sederhanakanlah

a.             b.         c.

 

Pertemuan 4.

Sederhanakanlah

a.             b.

 

                    

 

 

Kunci Jawaban :

Pertemuan 1

1a.         b.             2a.         b.

 

Pertemuan 2

a.         b.             c.             d.

 

Pewrtemuan 3

a.         b. a(2a – 3b)        c.

 

Pertemuan 4

a. -        b. 2x2 – 3

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

                Satuan Pendidikan    :

                Mata Pelajaran    : Matematika

                Kelas / semester    : VIII / 1

                Bahan Kajian        : Faktorisasi Suku Aljabar

                Alokasi Waktu    : 10 jam pel ( 5 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis dan sistem persamaan serta menggunakan dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

    Menyatakan bentuk fungsi

 

C.    Indikator

  • Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi.
  • Menyatakan suatu fungsi yang terkait dengan kejadian sehari-hari.
  • Menggambar grafik fungsi dalam koordinat Cartesius.

 

D.    Tujuan Pembelajaran Khusus

1.    Siswa dapat menunjukkan relasi

2.    Siswa dapat menunjukkan relasi dari himpunan A ke himpunan B dengan menggunakan diagram panah, Cartesius dan himpunan pasangan berurutan

3.    Siswa dapat menyatakan pengertia pemetaan / fungsi

4.    Siswa dapat menentukan domain, kodomain dan range

5.    Siswa dapat menentukan aturannya jika diberikan suatu pemetaan

6.     Siswa dapat menentukan grafik pemetaan yang diberikan aturan pemetaannya

7.    Siswa dapat menggambar grafik pemetaan yang diberikan notasi pemetaan

8.    Siswa dapat menunjukkan suatu relasi yang merupakan pemetaan jika relasi itu dalam bentuk diagram panah, Cartesius dan himpunan pasangan berurutan

9.    Siswa dapat menyebutkan banyaknya pemetaan dari dua himpunan

10.    Siswa dapat menyebutkan pemetaan yang merupakan korespondensi satu-satu

11.    Siswa dapat menentukan banyaknya korespondensi satu-satu dari dua himpunan

12.    menyelesaikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan pemetaan.

 

E.    Materi Pokok

    Fungsi

  • Masalah sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi
  • Rumus fungsi
  • Variabel bebas dan variabel bergantung
  • Grafik fungsi dalam koordinat Cartesius

 

F.    Metode

1.     CTL

2.    Kooperatif Learning

3.     Ceramah bervariasi

 

G.    Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

    • Memotivasi siswa akan pentingnya materi yang akan dipelajari dan menghubungkannya dengan masalah-masalah kontekstual
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Guru menyajikan masalah kontekstual yang berhubungan dengan relasi.
  2. Guru menjelaskan tentang penyajian relasi

 

  1. Guru memberikan tugas pada siswa secara individu untuk mengerjakan latihan pada buku paket Mat. VIII

    d.    Meminta salah satu siswa menuliskan jawaban dipapan tulis

    e.    Bersama siswa mendiskusikan hasil kerja siswa di papan tulis.

 

3. Penutup

a.    Guru membimbing siswa untuk merangkum

b.    Guru memberi PR untuk soal yang dianggap penting.

 

  • Pertemuan 2

1. Pendahuluan

a.     Membahas PR

b.    Memotivasi siswa, pentingnya tujuan pembelajaran pada kehidupan sehari-hari

 

2. Kegiatan Inti

a.     Guru menyajikan masalah kontekstual yang berhubungan dengan pemetaan

b.    Secara berkelompok siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan pemetaan

c.    Guru memberi soal dan meminta siswa secara individu untuk mengerjakan.

d.    Meminta salah satu siswa menuliskan jawaban dipapan tulis

e.    Bersama siswa mendiskusikan hasil kerja siswa di papan tulis.

 

3. Penutup

a.    Guru membimbing siswa untuk merangkum

b.    Guru memberi PR pada buku paket siswa.

 

  • Pertemuan 3

    1. Pendahuluan

    a.     Membahas PR

    b.    Menyampaikan tujuan pembelajaran sesuai dengan indikator

    c.    Memotivasi siswa

     

    2. Kegiatan Inti

    a.    Dengan metode tanya jawab bersama-sama siswa menyatakan notasi pemetaan

    b.    Menjelaskan bagaimana cara menggambar grafik pemetaan yang diberikan notasi pemetaan

    c.    Memberi soal dan meminta salah satu siswa mengerjakan di papan tulis.

     

    3. Penutup

    a.    Guru membimbing siswa untuk merangkum

    b.    Guru memberi PR pada buku paket siswa.

     

    • Pertemuan 4

    1. Pendahuluan

    a.     Membahas PR

    b.    Menyampaikan tujuan pembelajaran sesuai dengan indikator

     

    2. Kegiatan Inti

    a.    Bersama-sama siswa membahas suatu relasi yang merupakan pemetaan jika relasi dalam bentuk diagram panah, Cartesius dan himpunan pasangan berurutan

    b.    Meminta siswa berkelompok 4-5 orang untuk berdiskusi menentukan banyaknya pemetaan dari dua himpunan

    c.    Meminta wakil kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya, siswa lain menanggapinya

     

    3. Penutup

    a.    Guru membimbing siswa untuk merangkum

    b.    Guru memberi PR pada buku paket siswa.

     

     

     

  • Pertemuan 5

    1. Pendahuluan

    a.     Membahas PR

    b.    Menyampaikan tujuan pembelajaran sesuai dengan indikator

    c.    Memotivasi siswa

     

    2. Kegiatan Inti

    a.    Dengan metode tanya jawab, bersama-sama siswa meyebut pemetaan merupakan korespodensi satu-satu

    b.    Menjelaskan bagaimana cara menentukan banyaknya korespodensi satu-satu

    c.    Memberi soal dan meminta siswa secara individu untuk mengerjakannya

    d.    Meminta salah satu siswa mengerjakan di papan tulis

    e.    Bersama siswa mendiskusikan hasil kerja siswa di papan tulis.

     

    3. Penutup

    a.    Guru membimbing siswa untuk merangkum

    b.    Guru memberi PR pada buku paket siswa.

 

H.    Sumber Belajar

  1. Buku Paket Siswa
  1. Buku LKS

 

I.    Penilaian

  • Jenis Tagihan    : Tes
  • Bentuk Tagihan    : Isian
  • Instrumen        : Tertulis

 

    Contoh Soal :

    1. Tentukan hasil dari :    a. ( x + 3 )( 3x – 1 )        b. ( 4x – 1 )( 3x + 2 )

                    c. 10x2 : 5x            d. ( 12y – 8 ) : 4

 

                    

    2. Faktorkanlah        a. x2 – 9            b. 2x2 – 50

                    c. x2 – 2x – 3            d. 2x2 – 5x – 3

 

    3. Sederhanakanlah        a. ( x2 – x – 2 ) : ( x + 1 )

                    b. ( x2 – 4x – 3 ) : ( x2 – 1 )

 

    4. Tentukanlah            a. ( 3x – 2 )2

                    b. ( x – 2y )2

 

    5. Hitunglah            a.         b.

 

6. a. Harga 1 bola sepak Rp50.000, sedang n bola sepak harganya Rp250.000. Nyatakanlah dalam bentuk fungsi f(n) = …..

b. Jika f(x) = 2x + 3, gambarlah fungsi tersebut !

c. Jika fungsi pada soal 6b diketahui f(a) = 7, berapakah a ?

 

 

                            l    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            Satuan Pendidikan    :

            Mata Pelajaran    : Matematika

            Kelas / semester    : VIII / 1

            Bahan Kajian        : Faktorisasi Suku Aljabar

            Alokasi Waktu    : 10 jam pel ( 5 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis dan sistem persamaan serta menggunakan dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

    Menentukan nilai Fungsi

 

C.    Indikator

  • Menghitung nilai suatu fungsi
  • Menyusun tabel suatu fungsi
  • Menghitung nilai perubahan fungsi jika variabel berubah
  • Menentukan bentuk fungsi jika nilai data fungsi diketahui

 

D.    Tujuan Pembelajaran

    Siswa dapat :

  • Menghitung nilai suatu fungsi
  • Menyusun tabel suatu fungsi
  • Membedakan nilai fungsi jika variabel berbeda
  • Menghitung nilai perubahan fungsi
  • Membuat tabel fungsi
  • Menentukan bentuk fungsi jika nilai data fungsi diketahui

 

E.    Materi Pokok

    Faktorisasi Suku Aljabar

 

F.    Metode

    Ceramah bervariasi, tanya jawab dan pembagian tugas dengan kerja individu dan kelompok kooperatif

 

G.    Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

  1.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Guru menginformasikan model pembelajaran yang digunakan

 

2. Kegiatan Inti

  1.     Guru bersama siswa membahas PR yang sulit
  2. Guru meminta siswa berkelompok untuk menyelesaikan soal dalam menghitung nilai fungsi dengan cara diskusi
  3.     Siswa diberi soal untuk dikerjakan dan guru membimbing

 

3. Penutup

  1. Bersama siswa membuat rangkuman
  2. Guru memberi PR dari soal yang dibuat guru

 

  • Pertemuan 2

    1. Pendahuluan

  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Guru menginformasikan model pembelajaran yang digunakan

 

 

 

 

 

2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan cara membuat tabel suatu fungsi
  2. Guru meminta siswa berkelompok untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan tabel fungsi
  3. Wakil kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas
  4. Siswa diberi soal untuk dikerjakan secara individu atau soal dari buku paket

 

3. Penutup

  1.     Bersama siswa membuat rangkuman
  2. Guru memberi PR dari soal yang dibuat guru

 

  • Pertemuan 3

    1. Pendahuluan

  1. Guru menginformasikan model pembelajaran yang digunakan
  2. Guru mengingatkan kembali materi prasyarat yang akan disampaikan

 

2. Kegiatan Inti

  1. Guru mengingatkan siswa cara menghitung nilai suatu fungsi
  2. Guru memberi contoh fungsi yang variabelnya berbeda
  3. Guru meminta siswa berkelompok untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan menghitung nilai perubahan fungsi
  4. Wakil kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas dan kelompok lain menanggapinya
  5. Siswa diberi soal untuk dikerjakan secara individu atau soal dari buku paket guru berkeliling membimbing jika ada siswa yang mengalami kesulitan

 

3. Penutup

  1.     Bersama siswa membuat rangkuman
  2. Guru memberi PR dari soal yang dibuat guru

 

  • Pertemuan 4

    1. Pendahuluan

  1. Guru menginformasikan model pembelajaran yang digunakan
  2. Guru mengingatkan kembali materi prasyarat yang akan disampaikan

 

2. Kegiatan Inti

  1. Guru mengingatkan siswa untuk menentukan nilai suatu fungsi
  2. Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal tentang menentukan bentuk fungsi jika nilai data fungsi diketahui
  3. Guru meminta siswa berkelompok untuk menyelesaikan soal yang dibuat guru
  4. Wakil kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas dan kelompok lain menanggapinya
  5. Siswa diberi soal untuk dikerjakan secara individu atau soal dari buku paket guru berkeliling membimbing jika ada siswa yang mengalami kesulitan

 

3. Penutup

  1.     Bersama siswa membuat rangkuman
  2. Guru memberi PR dari soal yang dibuat guru

 

H.    Sumber Belajar

  1. Buku Paket Siswa
  2. Buku LKS

 

I.    Penilaian

  • Jenis Tagihan    : Tes
  • Bentuk Tagihan    : Isian
  • Instrumen        : Tertulis

     

 

 

 

 

    Soal :

 

1. Untuk fungsi f : x → -x + 3, tentukan :

    a. rumus fungsi f

    b. bayangan dari -2, 0, 2, dan 3

 

2. a. Buatlah tabel fungsi g : x → 2x – 4, dengan daerah asal { -3, -2, -1, 0, … , 6 }

b. Berdasarkan tabel tersebut tentukan :

    i . bayangan dari -1 dan 4

    ii. himpunan pasangan berurutan

 

3. Suatu fungsi didefenisikan dengan rumus f(x) = ax + b, jika diketahui f(3) = 15 dan f(5) = 20, tentukan :

    a. Nilai a dan b

    b. Benntuk fungsinya

    c. f(-2)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            Satuan Pendidikan    :

            Mata Pelajaran    : Matematika

            Kelas / semester    : VIII / 1

Bahan Kajian    : Sifat-sifat persamaan garis lurus dan gradien

            Alokasi Waktu    : 14 jam pel ( 7 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis dan sistem persamaan serta menggunakan dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

Menemukan sifat-sifat persamaan garis lurus        

 

C.    Indikator

  • Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel
  • Menyusun tabel pasangan dan menggambar grafik pada koordinat Cartesius
  • Mengenal pengertian dan menentukan gradien persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk

 

D.     Tujuan Pembelajaran Khusus

    Siswa dapat :

  • Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel
  • Menyusun tabel pasangan dan menggambar grafik pada koordinat Cartesius
  • Mengenal pengertian dan menentukan gradien persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk

 

E.     Materi Pokok

    Persamaan garis lurus

 

F.    Metode

    Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, penemuan

 

G.    Strategi Pembelajaran

  •     Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

    •     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
    • Guru mengingatkan kembali tentang persamaan linier dengan satu variabel

     

    2. Kegiatan Inti

  1.     Guru menyampaikan Lembar Kerja pada tiap kelompok
  2. Siswa secara kelompok mengerjakan LK untuk menemukan bentuk persamaan garis lurus
  3.     Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi
  4. Guru membimbing siswa dan memecahkan masalah yang tidak bisa diselesaikan siswa
  5.     Bersama siswa, guru menemukan bentuk persamaan garis lurus

 

3. Penutup

  •     Guru bersama siswa meringkas hasil diskusi
  • Guru memberikan soal sebagai tugas rumah

 

  •     Pertemuan 2

    1. Pendahuluan

    •     Guru membahas tugas yang lalu
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran selanjutnya

     

    2. Kegiatan Inti

  1.     Guru menyampaikan Lembar Kerja pada tiap kelompok dan memberi contoh klasikal

 

  1. Siswa secara kelompok mengerjakan LK tentang menggambar grafik dari persamaan garis dengan menggunakan tabel
  2.     Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi
  3. Menbahas dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok secara klasikal

 

3. Penutup

  1. Guru bersama siswa meringkas hasil diskusi
  2. Guru memberikan soal sebagai tugas rumah

 

  •     Pertemuan 3

    1. Pendahuluan

    •     Guru membahas tugas yang lalu
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran selanjutnya

     

    2. Kegiatan Inti

  1.     Guru menginformasikan tentang kemiringan/kecondongan suatu tempat secara klasikal
  2. Guru menyampaikan Lembar Kerja pada tiap kelompok yang berisi tentang gambar-gambar kecondongan suatu tempat
  3.     Siswa secara kelompok mendiskusikan LK
  4. Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi
  5.     Guru membimbing siswa dan memecahkan masalah yang tidak bisa diselesaikan siswa
  6.     Bersama siswa, guru membahas dan menyimpulkan hasil diskusi

 

3. Penutup

  1.     Guru bersama siswa meringkas hasil diskusi
  2. Guru memberikan soal sebagai tugas rumah

 

  •     Pertemuan 4

    1. Pendahuluan

    •     Guru membahas tugas yang lalu
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran selanjutnya

     

    2. Kegiatan Inti

  1.     Guru menyampaikan Lembar Kerja pada tiap kelompok dan memberi contoh klasikal tentang gradien yang melalui pusat koordinat
  2. Siswa mengerjakan LK secara berpasangan
  3.     Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi
  4. Menbahas dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok secara klasikal

 

3. Penutup

a.    Guru bersama siswa meringkas hasil diskusi

b.    Guru memberikan soal sebagai tugas rumah

 

  •     Pertemuan 5

    1. Pendahuluan

    •     Guru membahas tugas yang lalu
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran selanjutnya

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Guru menyampaikan Lembar Kerja pada tiap kelompok dan memberi contoh klasikal tentang gradien yang melalui dua titik
  2. Siswa secara kelompok mengerjakan LK tentang menggambar grafik dari persamaan garis dengan menggunakan tabel
  3. Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi
  4. Menbahas dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok secara klasikal

 

3. Penutup

Guru bersama siswa meringkas hasil diskusi

Guru memberikan soal sebagai tugas rumah

 

 

  •     Pertemuan 6

    1. Pendahuluan

    •     Guru membahas tugas yang lalu
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran selanjutnya

     

    2. Kegiatan Inti

    •     Guru menyampaikan Lembar Kerja pada tiap kelompok tentang garis-garis yang sejajar
    • Siswa mengerjakan LK secara berpasangan
    •     Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi
    • Bersama siswa, guru menemukan gradien garis-garis yang sejajar

     

    3. Penutup

    Guru bersama siswa meringkas hasil diskusi

    Guru memberikan tugas sebagai pekerjaan rumah

 

  •     Pertemuan 7

    1. Pendahuluan

    •     Guru membahas tugas yang lalu
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran selanjutnya

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Guru menyampaikan Lembar Kerja pada tiap kelompok tentang garis-garis yang tegak lurus
  2. Siswa mengerjakan LK secara berpasangan
  3. Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi
  4. Bersama siswa, guru menemukan gradien garis-garis yang sejajar

 

3. Penutup

  1. Guru bersama siswa meringkas hasil diskusi
  2. Guru memberikan tugas sebagai pekerjaan rumah

 

H.    Sumber Belajar

Buku Paket Siswa dan buku LKS

 

I.    Penilaian

  • Jenis Tagihan    : Tes
  • Bentuk Tagihan    : Isian
  • Instrumen        : Tertulis

 

    Contoh Soal :

1.    Gambarlah persamaan garis berikut

        a. y = -2x        b. y = 3x + 4            c. 2x – 4y + 8 = 0

2.     Gambarlah garis 2x + 4y = 12. Jika titik P( b , 5 ) terletak pada garis itu, tentukan nilai b dengan cara menghitung, lalu periksalah nilai b yang diperoleh dengan menggambar grafik yang telah dibuat.

3.     Hitunglah gradien garis yang melalui :

        a. pusat koordinat dan A( 4 , 6 )    . P( -5 , -7 ) dan Q( -8 , 2 )

4.     Gradien garis p = -4. Tentukan gradien garis lain yang sejajar dan tegak lurus dengan garis p.

5.     Hitunglah mPQ bila P( -6 , 8 ) dan Q( 4 , -7 ). Jika garis k tegak lurus dengan PQ, tentukan gradien garis k.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            Satuan Pendidikan    :

            Mata Pelajaran    : Matematika

            Kelas / semester    : VIII / 1

Bahan Kajian    : Sifat-sifat persamaan garis lurus dan gradien

            Alokasi Waktu    : 14 jam pel ( 7 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis dan sistem persamaan serta menggunakan dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

Menentukan persamaan dan koordinat titik potong dua garis

 

C.    Indikator

  •     Menentukan persamaan garis melalui dua titik, melalui sebuah titik dengan gradien
  •     Menentukan koordinat titik potong dua garis

 

D.     Tujuan Pembelajaran Khusus

    Siswa dapat :

  • Menentukan persamaan garis melalui dua titik, melalui sebuah titik dengan gradien
  • Menentukan koordinat titik potong dua garis

 

E.    Materi Pokok

    Persamaan Garis Lurus

 

F.    Metode

    Ceramah, tanya jawab, diskusi

 

G.    Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

    •     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
    • Guru membahas materi yang belum dikuasai siswa tentang gradien dan sifat-sifat persamaan garis

     

    2. Kegiatan Inti

  1.     Guru menjelaskan tentang persamaan garis y = mx bergradien m dan melalui titik O(0,0) serta persamaan garis y = mx + c bergradien m dan melalui titik A(0,c)
  2. Siswa mengerjakan LK dalam diskusi kelompok
  3.     Presentasi hasil kelompok
  4. Bersama siswa, guru menyelesaikan soal-soal yang tidak bisa diselesaikan siswa

 

3. Penutup

  1.     Meringkas hasil diskusi
  2. Guru memberi soal sebagai tugas / PR

 

  • Pertemuan 2

    1. Pendahuluan

    •     Guru membahas tugas yang lalu
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran berikutnya

     

    2. Kegiatan Inti

  1.     Guru menjelaskan tentang cara menentukan persamaan garis dengan gradien m dan melalui titik (a,b) serta persamaan garis yang melalui titik (x1,y1) dan (x2,y2)

 

 

 

  1. Siswa mengerjakan LK dalam diskusi kelompok
  2.     Presentasi hasil kelompok
  3. Bersama siswa, guru menyelesaikan soal-soal yang tidak bisa diselesaikan siswa

 

3. Penutup

  1. Meringkas hasil diskusi
  2. Guru memberi soal sebagai tugas / PR

 

  • Pertemuan 3

    1. Pendahuluan

    •     Guru membahas tugas yang lalu
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran berikutnya

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan tentang persamaan garis-garis yang sejajar
  2. Siswa mengerjakan LK dalam diskusi kelompok
  3. Presentasi hasil kelompok
  4. Bersama siswa, guru menyelesaikan soal-soal yang tidak bisa diselesaikan siswa

 

3. Penutup

  1. Meringkas hasil diskusi
  2. Guru memberi soal sebagai tugas / PR

 

  • Pertemuan 4

    1. Pendahuluan

    •     Guru membahas tugas yang lalu
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran berikutnya

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan dengan contoh bagaimana menentukan persamaan garis yang saling tegak lurus
    1. Siswa mengerjakan LK dalam diskusi kelompok
    2. Presentasi hasil kelompok
  2. Bersama siswa, guru menyelesaikan soal-soal yang tidak bisa diselesaikan siswa

 

3. Penutup

  1. Meringkas hasil diskusi
  2. Guru memberi soal sebagai tugas / PR

 

  • Pertemuan 5

    1. Pendahuluan

    •     Guru membahas tugas yang lalu
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran berikutnya

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan tentang persamaan garis yang saling berpotongan dan memberi beberapa contoh
    1. Siswa mengerjakan LK dalam diskusi kelompok
    2. Presentasi hasil kelompok
  2. Bersama siswa, guru menyelesaikan soal-soal yang tidak bisa diselesaikan siswa

 

3. Penutup

  1. Meringkas hasil diskusi
  2. Guru memberi soal sebagai tugas / PR

      

 

 

    

H.    Sumber Belajar

  1. Buku Paket Siswa
  2. Buku LKS

 

I.    Penilaian

  • Jenis Tagihan    : Tes
  • Bentuk Tagihan    : Isian
  • Instrumen        : Tertulis

 

        Soal :

        1. Tulislah persamaan garis yang melalui (0,0) dan (2,4).

        2. Tulislah persamaan garis yang melalui (0,5) dan bergradien 2.

        3. Tulislah persamaan garis yang melalui (2,3) dan bergradien 3.

        4. Tulislah persamaan garis yang melalui A(1,3) dan B(4,6).

        5. Tulislah persamaan garis yang melalui P(-2,6) dan Q(4,-3).

6. Tentukan persm garis yang sejajar dengan garis y = x + 4 dan melalui titik (3,5).

7. Tentukan persamaan garis yang tegak lurus dengan garis y = 2x – 5 dan melalui titik (-7,3)

8. Tettukan titik potong garis 3x + 2y = 4 dan y = 2x + 4

 

 

 

                              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            Satuan Pendidikan    :

            Mata Pelajaran    : Matematika

            Kelas / semester    : VIII / 1

Bahan Kajian    : Faktorisasi Bentuk Alhabar

            Alokasi Waktu    : 8 jam pel ( 7 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis dan sistem persamaan serta menggunakan dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

    Menjelaskan bentuk-bentuk Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)

 

C.     Indikator

  • Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
  • Menyatakan variabel dengan variabel lain suatu PLSV
  • Mengenali SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
  • Mengenal variabel dan korfisien SPLDV
  • Membedakan akar dan bukan akar SPL dan SPLDV
  • Menjelaskan arti kata "dan" pada solusi SPLDV

 

D.    Tujuan Pembelajaran

    Siswa dapat :

  • Membedakan pengertian PLDV dan SPLDV
  • Memahami dan menyatakan variabel dengan variabel lain suatu PLSV
  • Menyatakan dan mengenali SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
  • Mengenal dan menyatakan variabel dan korfisien SPLDV
  • Membedakan akar dan bukan akar SPL dan SPLDV

 

E.    Materi Pokok

  • Perbedaan PLDV dan SPLDV
  • Variabel pada PLSV
  • Variabel dan korfisien SPLDV
  • Perbedaan akar dan bukan akar SPL dan SPLDV
  • Arti kata "dan" pada solusi SPLDV

 

F.    Metode

    Ceramah bervariasi, tanya jawab dan pembagian tugas dengan kerja individu dan kelompok kooperatif.

 

G.    Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

  1. Guru mnyempaikan tujuan pembelajaran
  2. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan

 

2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan perbedaan PLDV dan SPLDV
  2. Guru memberi contoh PLDV dan SPLDV, kemudian siswa membuat contoh lain.
  3. Siswa secara kelompok mendiskusikan perbedaan PLDV dan SPLDV
  4. Guru meminta siswa mengerjakan latihan di buklu paket

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa merangkum materi pembelajaran yang sudah dibahas.
  2. Guru memberikan PR dengan soal yang dibuat guru.

 

 

 

 

 

  • Pertemuan 2

    1. Pendahuluan

  1. Guru mnyempaikan tujuan pembelajaran
  2. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan

 

2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan cara menyatakan variabel dengan variabel lain suatu PLSV, kemudian siswa membuat contoh sendiri.
  2. Guru meminta siswa mengerjakan latihan yang dibuat guru dengan cara kelompok
  3. Siswa diminta mempresentasikan hasil kerjanya di depan dan kelompok lain menanggapinya
  4. Guru meminta siswa mengerjakan soal di buku paket secara individu.

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa merangkum materi pembelajaran yang sudah dibahas.
  2. Guru memberikan PR dengan soal yang dibuat guru.

 

  • Pertemuan 3

    1. Pendahuluan

  1. Guru mnyempaikan tujuan pembelajaran
  2. Guru mengingatkan kembali tentang perbedaan PLDV dan SPLDV

 

2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan dengan cara memberi contoh mengenai SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
  2. Guru meminta siswa membuat sendiri contoh dengan cara berkelompok dan guru membimbing
  3. Guru memberi contoh SPLDV dan menjelaskan tentang variabel dan koefisien pada SPLDV tersebut.
  4. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal pada buku paket.

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa merangkum materi pembelajaran yang sudah dibahas.
  2. Guru memberikan PR dengan soal yang dibuat guru.

 

  • Pertemuan 4

    1. Pendahuluan

  1. Guru mnyempaikan tujuan pembelajaran
  2. Guru mengingatkan kembali tentang perbedaan PLDV dan SPLDV

 

2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan dengan cara memberi contoh mengenai akar dan bukan akar SPL dan SPLDV
  2. Guru meminta siswa mengerjakan soal buatan guru dengan cara berkelompok dan guru membimbing
  3. Siswa diminta mempresentasikan hasil kerjanya di depan dan kelompok lain menanggapinya

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa merangkum materi pembelajaran yang sudah dibahas.
  2. Guru memberikan PR dengan soal yang dibuat guru.

 

 

H.    Sumber Belajar

  1. Buku Paket Siswa
  2. Buku LKS

 

 

 

 

 

 

 

I.    Penilaian

  • Jenis Tagihan    : Tes
  • Bentuk Tagihan    : Isian
  • Instrumen        : Tertulis

 

                                  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            Satuan Pendidikan    :

            Mata Pelajaran    : Matematika

            Kelas / semester    : VIII / 1

Bahan Kajian    : Faktorisasi Bentuk Alhabar

            Alokasi Waktu    : 14 jam pel ( 4 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis dan sistem persamaan serta menggunakan dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

Menyelesaikan SPLDV

 

C.    Indikator

  • Menentukan penyelesaian SPLDV dengan subtitusi, eleminasi dan grafik
  • Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang melibatkan SPLDV
  • Menyelesaikan SP non LDV dengan menggunakan bentuk SPLDV

 

D.    Tujuan Pembelajaran

    Siswa dapat :

  • Menyelesaian SPLDV dengan subtitusi, eleminasi dan grafik
    • Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang melibatkan SPLDV
    • Menyelesaikan SP non LDV dengan menggunakan bentuk SPLDV

 

E.    Materi Pokok

    Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

 

F.    Metode

    Tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas

 

G.    Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

    • Guru mnyempaikan tujuan pembelajaran
    • Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan

     

    2. Kegiatan Inti

    • Guru menjelaskan kembali apa yang disebut SPLDV
    • Guru menjelaskan apa yang disebut dengan penyelasaian SPLDV
    • Guru menjelaskan dan memberi contoh SPLDV dapat diselesaiakan dengan cara metode subtitusi, eleminasi atau grafik
    • Guru meminta siswa secara berkelompok menyelesaikan soal SPLDV dengan cara grafik dan eleminasi
    • Siswa diminta menyampaikan hasilnya di depan kelas, bersama-sama memeriksa jawaban.
    • Guru menjelaskan dan menentukan himpunan penyelesaian SPLDV dengan metode eleminasi
    • Guru meminta siswa secara berkelompok menyelesaikan soal SPLDV di buku paket dan mempresentasikan hasil pekerjaannya dan kelompok lain menanggapinya.

     

    3. Penutup

    • Guru meminta siswa untuk merangkum materi yang telah dipelajari
    • Guru memberi PR pada LKS dan soal yang dibuat guru sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

  • Pertemuan 2

    1. Pendahuluan

    • Guru mnyempaikan tujuan pembelajaran
    • Guru mengingatkan kembali tentang cara penyelesaian PLDV dengan metode grafik dan eleminasi

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan suatu SPLDV dapat diselesaikan dengan metode subtitusi
  2. Siswa diminta berpasangan untuk menyelesaikan SPLDV dengan metode subtitusi
  3. Siswa mempresentasikan hasilnya dipapan tulis dan siswa lain menanggapinya
  4. Meminta siswa mengerjakan soal-soal pada nomor tertentu di buku paket

 

3. Penutup

  • Guru meminta siswa untuk merangkum materi yang telah dipelajari
  • Guru memberi PR pada LKS dan soal yang dibuat guru sendiri.

 

  • Pertemuan 3

    1. Pendahuluan

    • Guru mnyempaikan tujuan pembelajaran
    • Guru mengingatkan kembali tentang cara penyelesaian PLDV dengan metode grafik, eleminasi dan subtitusi

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan penyelesaian soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
  2. Meminta siswa untuk mengerjakan soal pada LKS secara berkelompok
  3. Meminta wakil dari kelompok untuk melaporkan hasilnya dan kelompok lain menanggapinya
  4. Guru mengamati dan memberi umpan balik (memberi pujian, semangat)
  5. Meminta siswa mengerjakan latihan soal di buku paket

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi yang telah dipelajari
  2. Guru memberi PR pada LKS dan soal yang dibuat guru sendiri.

 

H.    Sumber Belajar

    Buku paket dan buku lain yang relevan

 

I.    Penilaian

  • Jenis tagihan    : Tes
  • Tehnik        : Tes harian
  • Bentuk Instrumen    : Pertanyaan tertulis dan uraian

 

Soal :

1. Manakah yang merupakan Persamaan Linier Satu Variabel ?

    a. a – 3 = 11            c. 2x : 3 = 9

    b. 4p = 12 + q            d. x = 3y – 6

2. Buatlah 3 contoh yang merupakan Persamaan Linier Dua Variabel

3. Jelaskan perbedaan PLDV dan SPLDV

4. Buatlah 3 contoh SPLDV yang bentuk dan variabelnya berbeda

5. Diketahui persamaan x + y = 3 dan 2x – 3y = 16, tunjukkan bahwa x = 5 dan y = -2 merupakan akar dari Sistem Persmaan diatas.

6. Tentukan penyelesaian dari Siste Persamaan 3x + 2y = 12 dan x + 2y = 4 dengan metode Eleminasi

7. Dengan metode subtitusi tentukan penyelesaian Sistem Persamaan :

    a. y = 2x dan x + 3y = -21        b. x – 3y = 5 dan 3x + 2y = -7

8. Dengan metode grafik tentukan penyelesaian Sistem Persamaan :

    a. y = 4 dan 2x + y = 8        b. 3x + 2y = 12 dan x + 2y = 4

 

 

 

9. Harga 8 ekor kambing dan 3 ekor sapi adalah Rp3.000.000,oo. Harga 6 ekor kambing dan 4 ekor sapi adalah Rp3.650.000,oo. Tentukan jumlah harga 3 ekor kambing dan 2 ekor sapi !

10. Tentukan penyelesaian atau akar Sistem Persamaan x2 + y2 = 20 dan x2 – y2 = 12

 

 

 

                                  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            Satuan Pendidikan    :

            Mata Pelajaran    : Matematika

            Kelas / semester    : VIII / 1

Bahan Kajian    : Teorema Pythagoras

            Alokasi Waktu    : 4 jam pel ( 2 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Memahami dan dapat menentukan sifat dan unsur-unsur segitiga dan menggunakan dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

Menemukan dalili Pythagoras

 

C.    Indikator

  • Menyatakan dan menemukan dalil Pythagoras dan syarat berlakunya
  • Menuliskan dalil Pythagoras untuk sisi-sisi segitiga

 

D.    Tujuan Pembelajaran

    Siswa dapat :

  • Menemukan dalil Pythagoras
  • Menyatakan dalil Pythagoras dalam bentuk rumus

 

E.    Materi Pokok

    Dalil Pythagoras

 

F.    Metode

    Ceramah bervariasi, tanya jawab dan pemberian tugas dengankerja individu dan kelompok

 

G.    Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
    • Memotivasi siswa dengan mengingatkan kembali mengenai segitiga

     

    2. Kegiatan Inti

    • Siswa dimotivasi dengan memberi pertanyaan yang berkaitan dengan kuadrat dan akar kuadrat suatu bilangan
    • Mengingatkan kembali cara mencari luas daerah persegi dan luas daerah segitiga siku-siku
    • Guru memberi arahan untuk menemukan langkah-langkah dalil Pythagoras melalui luas daerah persegi dan segitiga
    • Dengan berkelompok siswa menemukan dalil Pythagoras dengan menggunakan alat-alat yang sudah disiapkan

     

    3. Penutup

    • Guru meminta siswa untuk menyimpulkan pembelajaran yang telah dibahas
    • Guru memberi PR

 

  • Pertemuan 2

    1. Pendahuluan

    •     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
    • Guru menyampaikan model pembelajaran yang digunakan

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Siswa dimotivasi dengan memberi pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

     

     

     

  2. Dengan tanya jawab, dibahas cara menemukan dalil Pythagoras dengan menggunakan alat-alat yang sudah disiapkan
  3. Siswa diminta menjelaskan dan menemukan dalil Pythagoras dan syarat berlakunya
  4. Siswa diminta untuk menuliskan dalil Pythagoras untuk sisi-sisi segitiga siku-siku

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa untuk menyimpulkan pembelajaran yang telah dibahas
  2. Guru memberi PR

 

H.    Sumber Belajar

    Buku paket dan buku lain yang relevan

 

I.    Penilaian

  • Jenis tagihan    : Tes
  • Tehnik        : Tes harian
  • Bentuk Instrumen    : Pertanyaan tertulis dan uraian

 

 

 

                                  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

                Satuan Pendidikan    :

                Mata Pelajaran    : Matematika

                Kelas / semester    : VIII / 1

    Bahan Kajian    : Teorema Pythagoras

                Alokasi Waktu    : 8 jam pel ( 3 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Menentukan panjang suatu garis dalam segitiga serta dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

Menggunakan dalil Pythagoras

 

C.    Indikator

  • Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui
  • Menemukan jenis segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya
  • Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku khusus ( salah satu sudutnya 30o, 45o 60o )
  • Menghitung panjang diagonal sisi dan diagonal ruang kubus dan balok
  • Menerapkan dalil Pythagoras dalam kehidupan nyata

 

D.    Tujuan Pembelajaran

    Siswa dapat :

  • Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui
  • Menemukan jenis segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya
  • Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku khusus ( salah satu sudutnya 30o, 45o 60o )
  • Menghitung panjang diagonal sisi dan diagonal ruang kubus dan balok
  • Menerapkan dalil Pythagoras dalam kehidupan nyata

 

E.     Materi Pokok

    Dalil Pythagoras

 

F.    Metode

    Ceramah bervariasi, tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja individu dan kelompok

 

G.    Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

    • Guru memotivasi siswa
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Membahas PR yang dianggap sulit
  2. Mengingatkan kembali tentang dalil Pythagoras
  3. Guru menjelaskan cara menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui
  4. Guru menjelaskan jenis-jenis segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya
  5. Meminta siswa mengerjakan soal buatan guru secara berkelompok dan salah satu kelompok mempresentasikan hasilnya serta kelompok lain menanggapinya
  6. Guru memberi umpan balik

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi yang telah dibahas
  2. Guru memberi PR

 

 

 

 

 

  • Pertemuan 2

    1. Pendahuluan

    • Guru memotivasi siswa
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Membahas PR yang dianggap sulit
  2. Guru Menjelaskan cara menghitung perbandingan sisi segitiga siku-siku khusus ( salah satu sudutnya 30o, 45o, 60o )
  3. Meminta siswa mengerjakan soal buatan guru secara berkelompok dan salah satu kelompok mempresentasikan hasilnya serta kelompok lain menanggapinya
  4. Guru memberi umpan balik
  5. Siswa diminta mengerjakan soal latihan secara individu, guru memberi bimbingan pada siswa yang memerlukan

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi yang telah dibahas
  2. Guru memberi PR

 

  • Pertemuan 3

    1. Pendahuluan

    • Guru memotivasi siswa
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Membahas PR yang dianggap sulit
  2. Guru menjelaskan cara menghitung panjang diagonal sisi dan diagonal ruang pada kubus maupun balok
  3. Meminta siswa mengerjakan soal buatan guru secara berkelompok dan salah satu kelompok mempresentasikan hasilnya serta kelompok lain menanggapinya
  4. Guru memberi umpan balik
  5. Siswa diminta mengerjakan soal latihan secara individu, guru memberi bimbingan pada siswa yang memerlukan

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi yang telah dibahas
  2. Guru memberi PR

 

H.    Sumber Belajar

    Buku paket dan buku lain yang relevan

 

I.    Penilaian

  • Jenis tagihan    : Tes
  • Tehnik        : Tes harian
  • Bentuk Instrumen    : Pertanyaan tertulis dan uraian

 

    Soal :

  • Panjang salah satu sisi dari segitiga siku-siku adalah 7 cm dan sisi miringnya 25 cm. Tentukan panjang sisi yang lain.
  • Termasuk segitiga apakah jika panjang sisi-sisinya 12 cm, 9 cm dan 15 cm ?
  • Sebuah segitiga ABC siku-siku di B dan sudut A = 30o, panjang sisi AB = x cm. Tentukan panjang sisi BC.
  • Suatu balok ABCDEFGH dengan ukuran sisi-sisinya (12 x 9 x 8 )cm.

    a. Gambarlah balok itu

    b. Tentukan panjang diagonal sisi AC dan diagonal ruang AG

 

  •  

Hitunglah panjang x.

 

 

 

 

 

6.     Berapakah tinggi tembok ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

                Satuan Pendidikan    :

                Mata Pelajaran    : Matematika

                Kelas / semester    : VIII / 1

    Bahan Kajian    : Teorema Pythagoras

                Alokasi Waktu    : 4 jam pel ( 2 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Menentukan panjang suatu garis dalam segitiga serta dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

Menentukan panjang garis tinggi

 

C.    Indikator

  • Mengenal proyeksi suatu garis dan menurunkan rumus panjang peroyeksi
  • Menghitung tinggi segitiga dengan rumus
  • Menghitung luas segitiga sebarang
  • Menghitung tinggi segitiga sebarang dengan mengukur langsung

 

D.    Tujuan Pembelajaran

    Siswa dapat :

  • Memproyeksikan suatu garis pada segitiga
  • Menentukan panjang proyeksi
  • Menghitung tinggi segitiga dengan rumus
    • Menghitung luas segitiga sebarang
  • Menghitung tinggi segitiga sebarang dengan mengukur langsung

 

E.    Materi Pokok

    Garis-garis pada segitiga

 

F.    Metode

    Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi

 

G.    Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

        Mengingatkan kembali tentang teorema Pythagoras

     

    2. Kegiatan Inti

  1. Bersama siswa, menentukan proyeksi suatu garis dan menurunkan rumus panjang proyeksi
  2. Guru menggambar berbagai macam segitiga, lalu meminta siswa secara kelompok, menentukan tinggi segitiga dan menghitung panjangnya
  3. Guru meminta salah satu wakil kelompok untuk mengerjakan di depan kelas, kelompok lain memperhatikan dan menanggapi

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa merangkum materi yang telah dibahas
  2. Guru memberi soal-soal untuk PR

 

  • Pertemuan 2

    1. Pendahuluan

  1. Membahas PR
  2. Memberi motivasi agar siap menerima pelajaran selanjutnya

 

 

 

 

 

 

 

2. Kegiatan Inti

  1. Mengingatkan sisiwa tentang rumus luas segitiga dan tingginya
  1. Bersama siswa menentukan rumus luas segitiga sebarang dan memberi contoh
  2. Siswa secara berkelompok menghitung tinggi segitiga sebarang dengan mengukur langsung
  3. Siswa menghitung soal yang mencari luas segitiga sebarang dengan menggunakan rumus
  4. Salah satu wakil kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas dan kelompok lain menanggapinya

 

3. Penutup

  1. Guru meminta siswa merangkum materi yang telah dibahas
    1. Guru memberi soal-soal untuk PR

 

H.    Sumber Belajar

    Buku paket dan buku lain yang relevan

 

I.    Penilaian

  • Jenis tagihan    : Tes
  • Tehnik        : Tes harian
  • Bentuk Instrumen    : Pertanyaan tertulis dan uraian

 

 

                                  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

                Satuan Pendidikan    :

                Mata Pelajaran    : Matematika

                Kelas / semester    : VIII / 1

    Bahan Kajian    : Teorema Pythagoras

                Alokasi Waktu    : 4 jam pel ( 2 x pertm )

 

A.     Standar Kompetensi

Menentukan panjang suatu garis dalam segitiga serta dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar

Menentukan panjang garis berat dan titik berat

 

C.    Indikator

  • Memperagakan dengan benda konkrit titik berat segitiga dalam kaitannya dengan keseimbangan
  • Melukis garis berat
  • Menghitung panjang garis berat pada segitiga dengan rumus
  • Menentukan titik berat pada segitiga

 

D.     Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :

  • menentukan titik berat pada segitiga dengan menggunakan model segitiga
  • melukis garis berat pada berbagai macam segitiga
  • menghitung panjang garis berat dengan rumus
  • menentukan titik berat segitiga dengan menggunakan gareis beratnya

 

E.    Materi Pokok

    Panjang garis berat pada segitga

 

F.    Metode

    Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi

 

G.    Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    1. Pendahuluan

    •     Membahas PR
    • Memberi motivasi agar siswa siap menerima pelajaran selanjutnya

     

    2. Kegiatan Inti

  1.     Secara kelompok siswa membuat segitiga dari kertas manila, lalu dengan menusuk pada bidang segitiga dan diputar, siswa mencari titik yang menghasilkan putaran terlama
  2. Dengan bimbingan dan penjelasan guru, siswa melukis garis berat dari berbagai macam segitiga
  3.     Guru meminta salah satu siswa untuk memeragakan hasil kerjanya

 

3. Penutup

  1.     Siswa diminta membuat rangkuman
  2. Memberi tugas untuk PR

 

 

  • Pertemuan 2

    1. Pendahuluan

    •     Membahas PR
    • Memberi motivasi agar siswa siap menerima pelajaran selanjutnya

     

     

 

2. Kegiatan Inti

  1.     Guru bersama siswa mencari rumus garis berat
  2. Siswa secara kelompok mencari panjang garis berat dengan menggunakan rumus
  3.     Salah satu wakil kelompok mempresentasikan hasil kerjanya
  4. Siswa menentukan titik berat segitiga dengan menggambar garis beratnya
  5.     Salah satu wakil kelompok mempresentasikan hasil kerjanya
  6.     Guru meneliti dan memberi umpan balik

 

3. Penutup

  1.     Siswa diminta membuat rangkuman
  2. Memberi tugas untuk PR

 

H.    Sumber Belajar

    Buku paket dan buku lain yang relevan

 

I.    Penilaian

  • Jenis tagihan    : Tes
  • Tehnik        : Tes harian
  • Bentuk Instrumen    : Pertanyaan tertulis dan uraian

 

    Soal :

    1. Diketahui

 

 

 

 

 

 

 

 

        a. Panjang proyeksi QR terhadap PQ adalah _______

        b. Bagaimana cara menentukan panjang RS ?

        c. Hitung panjang RS.

        d. Hitung luas segitiga PQR

    

    2. Lukislah garis berat melalui sebuah titik sudut segitiga .

3. Jika suatu segitiga diketahui panjang sisi-sisinya 4 cm, 5 cm dan 6 cm.

    Tentukan panjang garis berat yang terpanjang

4. Lukislah segitiga PQR dan lukislah garis berat yang melalui titik R, lalu tentukan titik beratnya.

 

          

                                

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            SATUAN PENDIDIKAN         : SMP

            MATA PELAJARAN         : MATEMATIKA

            KELAS / SEMESTER         : VIII / 2

            ASPEK                 : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

            KOMPETENSI DASAR         : 5.3. Menentukan panjang garis tinggi

            ALOKASI WAKTU             : 2 X 45 menit

 

 

 

  1. HASIL BELAJAR

    Menentukan panjang suatu garis dalam segitiga serta dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah.

     

  2. INDIKATOR

    Siswa diharapkan dapat :

    mengenal proyeksi suatu garis dan menurunkan rumus panjang proyeksi.

     

  3. SUMBER PEMBELAJARAN

    1. Buku Paket SMP Matematika 2A

    2. LKS

     

  4. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

    Model pembelajaran     : Pembelajaran langsung

    Metode pembelajaran     : ceramah dan demonstrasi

    Pelaksanaan Pembelajaran :

Pendahuluan

  1. Guru menyajikan tujuan pembelajaran
  2. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan

 

Kegiatan inti

  1. Siswa mengingat kembali dua buah ruas garis yang saling tegak lurus
  2. Siswa diarahkan untuk melukis segitiga sembarang
  3. Guru menjelaskan cara melukis garis tinggi pada segitiga
  4. Siswa disuruh melukis garis tinggi pada segitiga yang disediakan.

 

Penutup

  1. Siswa dibimbing membuat kesimpulan tentang garis tinggi pada segitiga
  2. Siswa diberi pekerjaan rumah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            SATUAN PENDIDIKAN     : SMP

            MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA

            KELAS / SEMESTER     : VIII / 2

            ASPEK             : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

            KOMPETENSI DASAR     : 6.1. Mengenali bagian-bagian lingkaran

            WAKTU             : 2 X 45 menit

 

A. HASIL BELAJAR

Siswa mampu mengenali unsur-unsur lingkaran dan bagian-bagian lingkaran

 

B. INDIKATOR

Siswa diharapkan dapat :

  1. membedakan lingkaran dan bidang lingkaran serta dapat menyebutkan unsur-unsur lingkaran
  2. Mengenali bahwa sudut satu putaran adalah 3600

 

C. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku Matematika 2

2. LKS

 

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

  1. Model pembelajaran : Kombinasi Pembelajaran langsung dan Kooperatif.

    2. Metode pembelajaran : tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi kelompok

    3. Pelaksanaan Pembelajaran:

Pendahuluan

  1. Guru menyajikan tujuan pembelajaran
  2. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan

 

Kegiatan inti

1. Guru mengelompokkan siswa beranggotakan 4 sampai 5 anak

2. Siswa diminta mendiskusikan LKS soal no …….. dengan teman sekelompoknya, kemudian guru memantau jalannya diskusi, memberikan pengarahan dan bantuan secukupnya pada kelompok ayang memerlukan.

  1. Beberapa siswa diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok yang lain.
  2. Guru bersama siswa membahas soal nomor ……. Pada LKS, dan guru memberikan definisi dari unsur-unsur pada lingkaran.
  3. Secara kelompok siswa diminta mendiskusikan buku siswa nomor …. , guru memantau jalannya diskusi dan memberikan pengarahan serta bantuan kepada kelompok yang mengalami kesulitan.
  4. Beberapa siswa diminta mempresentasikan hasil; diskusi dan ditanggapi oleh kelompok yang lain, Guru membimbing siswa menuju jawaban yang benar.
  5. Setiap siswa diminta mengerjakan soal pada buku siswa nomor …
  6. Siswa diminta mendefinisikan lingkaran dengan kata-kata sendiri

 

Penutup

  1. Siswa dibimbing membuat kesimpulan tentang bagian-bagian lingkaran.
  2. Siswa diberi pekerjaan rumah.

 

                                

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            SATUAN PENDIDIKAN     : SMP

            MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA

            KELAS / SEMESTER     : VIII / 2

            ASPEK             : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

KOMPETENSI DASAR     : Mengenali sifat-sifat garis singgung

lingkaran

            WAKTU             : 2 X 45 menit

 

A. HASIL BELAJAR

Siswa dapat mengidentifikasikan lingkaran serta menentukan besaran-besaran yang terkait didalamnya.

 

B. INDIKATOR

Siswa diharapkan dapat :

  1. Menentukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis yang melalui titik pusat dan garis singgung lingkaran.
  2. Mengenali bahwa melalui suatu titik pada lingkaran hanya dapat dibuat satu garis singgung lingkaran
  3. Membuat dan menggambar dua garis singgung lingkaran yang melalui 1 titik diluar lingkaran
  4. Menyebutkan syarat kedudukan dua lingkaran berpotongan, bersinggungan dan saling lepas.

 

 

C. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku Matematika 2

2. LKS

 

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1. Model pembelajaran : Kombinasi Pembelajaran langsung dan Kooperatif.

2. Metode pembelajaran : tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi kelompok

3. Pelaksanaan Pembelajaran:

Pendahuluan

1. Guru menyajikan tujuan pembelajaran

2. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan

 

Kegiatan inti

  1. Guru meminta siswa membentuk kelompok beranggotakan 5 anak.
  2. Secara berkelompok siswa diminta mengerjakan soal latihan
  3. Perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok yang lain untuk menanggapi dengan bimbingan guru.

 

Penutup

  1. Siswa dibimbing membuat kesimpulan tentang materi yang telah disampaikan
  2. Siswa diberi pekerjaan rumah.

 

 

                                

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            SATUAN PENDIDIKAN     : SMP

            MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA

            KELAS / SEMESTER     : VIII / 2

            ASPEK             : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

KOMPETENSI DASAR     : Menentukan luas selimut dan volum

tabung, kerucut dan bola

            WAKTU             : 2 X 45 menit

 

A. HASIL BELAJAR

1. Siswa mampu menentukan luas selimut dan volum tabung, kerucut dan bola

2. Siswa mampu menggunakan rumus luas selimut dan volum tabung, kerucut dan bola

 

B. INDIKATOR

Siswa diharapkan dapat :

  1. Menyebutkan unsur-unsur : jari-jari, tinggi, sisi, dari tabung dan kerucut.
  2. Menggambar jaring-jaring tabung maupun kerucut.
  3. Menghitung luas selimut tabung, kerucut dan bola.
  4. Menghitung volum tabung, kerucut dan bola.
  5. Menghitung unsur-unsur BRSL jika volum BRSL di ketahui.

 

C. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku Matematika 2

2. LKS

 

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

  1. Model pembelajaran : Kooperatif learning

    2. Metode pembelajaran : pemberian tugas dan diskusi kelompok

    3. Pelaksanaan Pembelajaran:

 

Pendahuluan

  1. Guru menyajikan tujuan pembelajaran
  2. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan

 

Kegiatan inti

  1. Siswa diingatkan tentang luas dan keliling lingkaran.
  2. Siswa diminta membagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri 4 – 5 orang. Untuk mendiskusikan, menemukan rumus selimut dan volum tabung, kerucut dan bola.
  3. Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok alain diminta memberikan tanggapan.
  4. Siswa membaca buku, kemudian jika ada pertanyaan didiskusikan bersama guru.
  5. Siswa mengerjakan soal tertentu pada buku latihan.

 

Penutup

  1. Siswa dibimbing membuat kesimpulan tentang materi yang diberikan
  2. Siswa diberi pekerjaan rumah.

 

                            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

      

                SATUAN PENDIDIKAN     : SMP

                MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA

                SEMESTER             : VIII / GENAP

                ASPEK             : GEOMETRI dan PENGUKURAN

                KOMPETENSI DASAR     : Menghitung besar perubahan volume

tabung, kerucut dan bola.

                ALOKASI WAKTU         : 2 x 45 Menit

 

 

A. HASIL BELAJAR

Siswa dapat menghitung :

  1. Perbandingan volume tabung, kerucut dan bola karena perubahan ukuran jari-jari
  2. Besar perubahan volume tabung, kerucut dan bola jika jari-jarinya berubah.

 

B. INDIKATOR

  1. Menghitung perbandingan volume tabung, kerucut dan bola karena perubahan ukuran jari-jari.
  2. Menghitung besar perubahan volume tabung, kerucut dan bola jika jari-jarinya berubah.

 

C. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku Paket SMP Matematika 2A

2. LKS

 

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1. Model Pembelajaran     : Kooperatif.

2. Metode Pembelajaran     : Diskusi dan pemberian tugas dengan kerja kelompok kooperatif.

3. Pelaksanaan Pembelajaran :

Pendahuluan :

a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan.

 

Kegiatan Inti :

  1. Siswa mendiskusikan PR yang dianggap sulit.

  2. Siswa berdiskusi menghitung perbandingan volume tabung, jika jari-jarinya berubah.
  3. Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
  4. Siswa berdiskusi menghitung perbandingan volume kerucut jika ukuran jari-jarinya berubah.
  5. Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
  6. Siswa berdiskusi menghitung perbandingan volume bola jika ukuran jari-jarinya berubah.
  7. Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
  8. Selama diskusi berlangsung guru memantau kerja masing-masing kelompok dan memberikan pujian untuk kelompok yang berhasil dan membimbing bagi yng belum berhasil.

 

Penutup :

1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran yang telah dibahas.

2. Guru memberi pekerjaan rumah : pada LKS dan soal yang dibuat guru.

 

                                

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

      

                SATUAN PENDIDIKAN     : SMP

                MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA

                KELAS / SEMESTER     : VIII / GASAL

                ASPEK             : ALJABAR

                KOMPETENSI DASAR     : Menyelesaikan operasi bentuk aljabar

                ALOKASI WAKTU         : 2 x 45 Menit

 

 

A. HASIL BELAJAR

Siswa mampu menyelesaikan operasi bentuk aljabar.

 

B. INDIKATOR

Siswa diharapkan minimal dapat :

  1. Menjelaskan pengertian koefisien, variabel, konstanta, suku satu, suku dua dan suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda.
  2. Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, dan pangkat dari suku satu, suku dua.
  3. menyelesaikan pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis.
  4. Menghitung besar perubahan volume tabung, kerucut dan bola jika jari-jarinya berubah.

 

C. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku Paket SMP Matematika 3

2. LKS

 

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1. Model Pembelajaran     : Kooperatif learning.

2. Metode Pembelajaran     : Diskusi, resitasi dan pemberian tugas .

3. Pelaksanaan Pembelajaran :

    Pendahuluan :

a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan.

 

    Kegiatan Inti :

  1. Guru mengaitkan pengetahuan awal siswa.

  2. Dengan tanya jawab guru membahas pengertian koefisien, variabel, konstanta, suku satu, suku dua dan suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda.
  3. Guru mengelompokkan siswa beranggota 4 – 5 siswa.
  4. Siswa mendiskusikan buku paket latihan 1 soal No 2 dan 3 halaman 75.
  5. Siswa mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapinya.
  6. Guru bersama siswa membahas soal pada LKS 4.1.
  7. Dengan berkelompok siswa mendiskusikan latihan 2 No 1 dan 2 hal. 77 dengan bimbingan guru.
  8. Siswa mempresentasikan hasil diskusinyadan ditanggapi oleh kelompok lain.
  9. Dengan berkelompok siswa mendiskusikan latihan 5 No 4 dengan bimbingan guru.
  10. Siswa mempresentasikan hasil diskusinyadan ditanggapi oleh kelompok lain.
  11. Untuk pendalaman materi siswa diberi latihan soal.

 

Penutup :

1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran yang telah dibahas.

2. Guru memberi pekerjaan rumah : pada LKS dan soal yang dibuat guru.

                                

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No :

    

    SATUAN PENDIDIKAN     : SMP

    MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA

    KELAS / SEMESTER     : VIII / GENAP

    ASPEK     : GEOMETRI dan PENGUKURAN

    KOMPETENSI DASAR     : 6.4. Menentukan panjang garis singgung.

    ALOKASI WAKTU     : 4 x 45 Menit

 

 

A. HASIL BELAJAR

Siswa mampu melukis dan memahami lingkaran beserta macam-macam garis singgung yang dibentuknya.

 

B. INDIKATOR

  1. Melukis dan menghitung panjang garis singgung yang ditarik dari sebuah titik diluar lingkaran.
  2. Melukis dan menghitung panjang garis persekutuan dalam dan garis persekutuan luar dua lingkaran.
  3. Menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran "dengan rumus".

 

C. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku Paket SMP Matematika kelas VIII semester genap

2. LKS

 

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1. Model Pembelajaran     : Kombinasi pembelajaran langsung dan Kooperatif .

2. Metode Pembelajaran     : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas diskusi kelompok.

3. Pelaksanaan Pembelajaran :

    Pendahuluan :

a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan.

 

        Kegiatan Inti :

1. Guru membuat kelompok belajar siswa menjadi 4 –5 siswa.

  1. Siswa mendiskusikan LKS …… No ….
  2. Siswa mempresntasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapi.
  3. Guru bersama siswa membahas soal pada LKS …. No …
  4. Guru mengevaluasi

 

 

Penutup :

1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran yang telah dibahas.

2. Guru memberi pekerjaan rumah : pada LKS dan soal yang dibuat guru.

 

 

                                

 

 

 

 

 

 

 

 

      

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No :

    

    SATUAN PENDIDIKAN     : SMP

    MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA

    KELAS / SEMESTER     : VIII / GENAP

    ASPEK     : GEOMETRI

    KOMPETENSI DASAR     : 6.1. Mengenali bagian-bagian lingkaran

    ALOKASI WAKTU     : 2 x 45 Menit

 

 

A. HASIL BELAJAR

Siswa mampu menentukan nilai p dan melukis lingkaran dalam, lingkaran luar segitiga serta lingkaran melalui 3 titik yang ditentukan.

 

B. INDIKATOR

Setelah proses pembelajaran siswa minimal diharapkan dapat :

  1. Menentukan nilai p
  2. Melukis lingkaran dalam, lingkaran luar segitiga serta menggambar lingkaran melalui 3 titik yang diketahui.

 

C. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku Paket SMP Matematika 3

2. LKS

 

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1. Model Pembelajaran     : Kooperatif learning.

2. Metode Pembelajaran     : Diskusi, resitasi dan pemberian tugas .

3. Pelaksanaan Pembelajaran :

    Pendahuluan :

  1. Guru bersama siswa mendiskusikan PR yang sulit
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  3. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan.

        Kegiatan Inti :

  1. Guru membagi menjadi 5 siswa per kelompok
  2. Secara berkelompok siswa mendiskusikan pendekatan nilai p dengan melakukan percobaan mengukur diameter dan keliling benda-benda yang berbentuk lingkaran.
  3. Kelompok siswa yang telah selesai diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi.
  4. Secara berkelompok siswa diminta mendiskusikan cara melukis lingkaran dalam suatu segitiga.
  5. Kelompok siswa yang telah selesai diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi.
  6. Secara berkelompok siswa diminta mendiskusikan cara melukis lingkaran luar suatu segitiga.
  7. Kelompok siswa yang telah selesai diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi.
  8. Secara berkelompok siswa diminta mendiskusikan cara melukis lingkaran melalui 3 titik yang diketahui.
  9. Kelompok siswa yang telah selesai diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi.
  10. Siswa diminta mengerjakan soal latihan secara individu dan guru memberikan bimbingan bagi yang memerlukan.

Penutup :

1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran yang telah dibahas.

2. Guru memberi pekerjaan rumah : pada LKS dan soal yang dibuat guru.

                                      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                        

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No :

    

    SATUAN PENDIDIKAN     : SMP

    MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA

    KELAS / SEMESTER     : VIII / GENAP

    ASPEK     : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

             KOMPETENSI DASAR      : 4.9. Menyelesaikan SPLDV

     ALOKASI WAKTU      : 2 x 45 Menit

 

 

A. HASIL BELAJAR

Siswa dapat menyelesaikan sistem persamaan Non linier dua peubah menggunakan bentuk SPLDV

 

B. INDIKATOR

Setelah proses pembelajaran siswa minimal diharapkan dapat :

Menyelesaikan sistem persamaan Non linier dua peubah menggunakan bentuk SPLDV.

 

C. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku Paket SMP Matematika 2

2. LKS

 

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1. Model Pembelajaran     : Kooperatif learning.

2. Metode Pembelajaran     : Diskusi, resitasi dan pemberian tugas .

3. Pelaksanaan Pembelajaran :

 

    Pendahuluan :

  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  2. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan.

 

        Kegiatan Inti :

  1. Siswa dimotivasi dengan pertanyaan yang berkaitan dengan SPLDV
  2. Guru memberi contoh SP Non linier dan cara penyelesaianya.
  3. Guru minta siswa agar secara berkelompok untuk menyelesaikan soal latihan.
  4. Kelompok siswa yang telah selesai diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi.
  5. Siswa diminta mengerjakan soal-soal latihan dibuku paket secara individu.

     

Penutup :

1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran yang telah dibahas.

2. Guru memberi pekerjaan rumah : pada LKS dan soal yang dibuat guru.

 

 

 

 

 

                                

 

 

No comments:

Post a Comment