Tuesday, October 1, 2019

RPP KD 3.4 Prosedural teks B. Inggris SMP kls 9

Keberhasilan suatu program sangat erat kaitannya dengan kualitas perencanaan yang dibuat.
Proses pembelajaran yang bermutu tentu dihasilkan dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan rambu-rambu standar proses pendidikan.

Jadi bagaimana sih cara menyusun RPP untuk diaplikasikan dalam pembelajaran? Dalam artikel ini kami akan sedikit berbagi contoh rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah             : SMP N 2 MADANG SUKU I
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester  : IX/...
Materi Pokok    : Teks Prosedur; Resep makanan/minuman dan manual
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran @40 Menit

Download disini  atau link dibawah
https://s.docworkspace.com/d/AACWFjSBnt4j4pfOlMOmFA

Pengertian, Tujuan, Jenis, Ciri, Generic Structure sebuah iklan.

Functional texts  termasuk brosur, Menu, jaminan, direktori, bentuk untuk mengisi, tanda-tanda, resep, dan bahkan jadwal transportasi. Sala satu functional text yang sering kita temui adalah Advertisement (Periklanan).

1. Pengertian Advertisement (Periklanan)

Advertisement (Periklanan) adalah adalah sebuah teks yang memiliki tujuan untuk mengumumkan sebuah sesuatu agar menarik bagi banyak orang dan agar suatu produk tambah terkenal di semua kalangan umum berupa sarana komunikasi dengan pengguna produk atau layanan. Iklan dimaksudkan untuk memberitahu atau mempengaruhi orang-orang yang menerima pesan.

Advertisement atau iklan menggunakan semua media yang mungkin untuk menyampaikan pesannya. Seperti melalui televisi, media cetak (koran, majalah, jurnal dll), radio, siaran, internet, penjualan langsung, hoardings, mailer, kontes, sponsor, poster, pakaian, peristiwa, warna, suara, visual dan bahkan orang-orang.

2. Tujuan Advertisement (Periklanan)

Untuk mengajak pendengar atau pembaca untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.

untuk mengumumkan/mengiklankan tentang suatu hal atau produk kepada masyarakat dan memberikan informasi mengenai suatu produk (bisa berupa barang, jasa, ide, dan lain sebagainya).
Berupaya menimbulkan rasa suka atas produk yang diiklankan tersebut.
Informasi mengenai produk tersebut dapat berupa, baik harga, spesifikasi, fungsi, dll.

3. Jenis Advertisement (Periklanan)

Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut:
a. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu: Iklan Baris dan Iklan Kolom

b. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.

c. Iklan Display
Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.

d. Iklan elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi: iklan radio,  iklan televisi, iklan internet, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat.

4. Ciri Advertisement (Periklanan)
Advertisement/ iklan memiliki ciri- ciri bahasa sebagai berikut:

● Pilihan kata yang digunakan menonjolakan informasi yang dipentingkan
● Pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran
● Pilihan kata yang digunakan menarik,tepat,logis, dan sopan.
● Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.

5. Generic Structure Advertisement (Periklanan)

A. Purpose (tujuan)
Apa itu tujuan dari penulis untuk menulis teks iklan?

B. Name of product (Nama Produk)
ini adalah tentang nama dan merek. Apa produk, Layanan atau acara untuk menjual?

C. User (pengguna)
Yang membutuhkan produk? Ares apa produk dan layanan untuk?