Thursday, March 14, 2019

Kasir nakal minimarket

Mau cerita nih.
Saya sudah pernah dengar tentang keluhan-keluhan konsumen di gerai-gerai minimarket.
Mulai dari keluhan perbedaan harga pada struk pembelian maupun uang kembalian dari pembayaran.
Tadi kebetulan saya dinas luar yang mengharuskan saya ke Kota Martapura. Karna masih pagi jadi saya sempatkan singgah di salah satu indomart sekedar beli kopi instan Nescafe Smovltte 2 btl dan langsung menuju kasir. 
"Berapa?" (sambil senyum tebar pesona).
Rp 15400 pak.
Saya rogoh kocek dengan mengeluarkan uang 20 ribu.
"Uangnya 20ribu ya pak"
(Tak...tok...tak...tok... cekriiiiit.....cekriiiiiik.....)
"Ini pak kembaliannya"

Saya ambil dan melangkah keluar sambil melihat struk dan uang kembalian.
Otakpun bermatematika... kembaliannya kurang nih belanja 15400, uang 20 rèbu kembalian kok 4500.
Saya kembali lagi ke kasir dg bawa struk dan uang kembaliannya tadi.

"Ehemm... uang kembaliannya kurang Dek".
"Oh iya pak maaf, mau disumbangin atau di kembalikan" katanya.

Waduhhh... nah ini ni cuba kalo gak balik lagi ke kasir tanya kekurangannya tadi pasti masuk ke kantongnya. Bayangin deh kalau dalam satu hari konsumen yang dia layani sampai 300 orang per hari rerata uang kembalian 100 sd 500 perak dia bisa dapet duit seseran dengan mengedepankan sikap KETIDAKJUJURAN. Dan dikalikan satu bulan selama setahun banyak tu duitnya... hahahaha...

Yuk tanamkan pendidikan karakter pada anak-anak kita dengan memberikan tauladan yang baik bagi mereka.
Tanamkan pada mereka nilai religius, kemandirian, kegotongroyongan, tanggungjawab.

TIPS BELANJA DI Indomaret :
Pastikan anda teliti sebelum membeli item (cek price tag = item), kalo perlu catat pakai note (pakai hp/smatphone).
Pastikan punya nyali untuk menegur kasir apabila merasa ada yang akuh dengan price tag yang tidak sama dengan item atau anda akan menjadi bulan”an INDOMARET.
Jika kurang puas dengan silakan buat SURAT TERBUKA.