Friday, March 5, 2010

RPP MTK kelas 7

1Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 2.1 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 2.     Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar    : 2. 1     Mengenal bentuk Aljabar dan unsur-unsurnya

        

Indikator

  1. Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, faktor, suku, dan suku sejenis.

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menjelaskan pengertian variabel, Konstanta dan faktor

Siswa dapat menjelaskan pengertian suku dan suku sejenis

 

Materi Pembelajaran

1.    Pengertian Variabel

2.    Suku dan suku sejenis

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali faktor dari suatu bilangan

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari bentuk aljabar

Kegiatan inti :    1.     Dengan tanya jawab siswa diminta menberikan contoh bentuk

         Aljabar

2.    Dengan tanya jawab, guru membimbing siswa untuk mendapatkan pengertian variabel, konstanta, faktor, suku, suku sejenis dan tidak sejenis.

    3.    Dengan memberikan contoh suku yang sejenis, siswa diminta untuk menemukan suku sejenis

    4. Menarik kesimpulan tentang faktor dan suku sejenis

    5. Siswa mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berpasangan

    6. Siswa mempresentasikan pekerjaannya

.

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Model ( kartu )

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

Dari bentuk aljabar 3x – 5 , manakah yang merupakan variabel, konstanta dan faktor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 2.2 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 2.     Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar    : 2. 2     Melakukan operasi pada bentuk Aljabar

        

Indikator

  1. Melakukan operasi hitung ( +, - , x, : ) dan pangkat pada bentuk aljabar

 

Alokasi Waktu        : 4 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat melakukan operasi hitung ( +, - , x, : ) dan pangkat pada bentuk aljabar

 

Materi Pembelajaran

1.    Operasi hitung pada bentuk aljabar

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali suku sejenis

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari bentuk aljabar

Kegiatan inti :    1.     Dengan penemuan siswa dibimbing dalam melakukan operasi

         hitung ( +, - , x, : ) dan pangkat bentuk aljabar

2.    Guru membimbing siswa cara menyederhanakan suatu bentuk aljabar, dengan meminta

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

 

 

 

 

Contoh instrumen    :

1.    Hitunglah 5x + 4 – ( 6 – 7x )

2.    Kurangkanlah 4(3p-2r+4) dari 5 (2p-8-5r)

 

 

 

 

 

      

 

 

    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 2.2 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 2.     Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar    : 2. 2     Melakukan operasi pada bentuk Aljabar

        

Indikator

  1. Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

 

Materi Pembelajaran

1.    Operasi hitung pada bentuk aljabar

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali suku sejenis

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari bentuk aljabar

Kegiatan inti :    1. Dengan penemuan siswa dibimbing dalam menerapkan operasi

     hitung bentuk aljabar

    2. Siswa mengerjakan lembar kegiatan siswa, secara berkelompok

    3. Dengan berdiskusi siswa memecahkan persoalan bentuk aljabar

     pada kehidupan sehari-hari

    4. Siswa mengerjakan Lembar kegiatan siswa secara berkelompok

    5. Siswa mempresentasikan pekerjaannya

 

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Model ( kartu )

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

1.    Ibu membeli 15 buku dan 10 pensil. Harga sebuah buku Rp. 1.250; dan harga 5 pensil Rp. 5.000; Berapakah yang harus dibayar Ibu untuk membeli 15 buku dan 10 pensil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 2.3 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 2.     Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar    : 2. 3     Menyelesaikan persamaan linier satu variabel

        

Indikator

  1. Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
  2. Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ( +, - , x, : ) dengan bilangan yang sama

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menentukan PLSV dalam berbagai bentuk

2.    Siswa dapat menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ( +, - , x, : ) dengan bilangan yang sama

 

Materi Pembelajaran

1.    Persamaan linear satu variabel

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali suku sejenis

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV

Kegiatan inti :    1.     Dengan diskusi siswa dibimbing dalam menemukan yang termasuk PLSV

    2. Siswa mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok

3. Dengan berdiskusi siswa menemukan bentuk yang setara pada PLSV dengan cara kedua ruas ( +, - , x, : ) dengan bilangan yang sama

 

    4. Siswa mengerjakan lembar kegiatan siswa, secara berkelompok

    5. Siswa membuat contoh PLSV

    6. Secara berkelompok siswa menemukan cara membuat setara dari

     PLSV

    7. Siswa mempresentasikan pekerjaannya

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Model ( kartu )

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. Manakah yang merupakan PLSV ? Jelaskan !

    a. 5x-6 = 4    b. 3x = 2y + 4    c. 6p-8 = 4p

     2. Apakah 3x-5 = 7 setara dengan 3x = 12 ? jelaskan !

      

 

      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 2.3 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 2.     Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar    : 2. 3     Menyelesaikan persamaan linier satu variabel

        

Indikator

  1. Menentukan penyelesaian PLSV

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

1.    Siswa dapat menentukan penyelesaian PLSV

 

Materi Pembelajaran

1.    Persamaan linear satu variabel

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali suku sejenis

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV

Kegiatan inti :    1. Dengan diskusi siswa dibimbing dalam menyelesaikan

     PLSV

    2. Siswa membuat contoh PLSV dan menyelesaikannya secara berkelompok

    3. Siswa mengerjakan lembar kegiatan siswa, secara berkelompok

    4. Siswa menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan PLSV

    5. Siswa mempresentasikan pekerjaannya

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Model ( kartu )

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. Penyelesaian dari 6m – 8 = -26
  2. Penyelesaian dari 3(2x -5) = 8x + 9

 

 

    

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 2.4 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 2.     Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar    : 2. 4     Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel

        

Indikator

  1. Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menentukan PtLSV dalam berbagai bentuk

 

Materi Pembelajaran

1.    Pertidaksamaan linear satu variabel

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali PLSV

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari PtLSV

Kegiatan inti :    1. Dengan diskusi siswa dibimbing dalam menemukan yang termasuk

     PtLSV

    2. Siswa membuat contoh PtLSV secara berkelompok

    3. Pekerjaan siswa dianalisis oleh siswa yang lain

    4. Siswa mengerjakan Lembar kegiatan siswa ,secara berkelompok

    5. Siswa mempresentasikan pekerjaannya

    

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Model ( kartu )

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. Manakah yang merupakan PtLSV ? Jelaskan !

    a. 7x-6 > 4    b. 3x < 2y + 4    c. 5p-9 > 4p

      

      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 2.4 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 2.     Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar    : 2. 4     Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel

        

Indikator

  1. Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ( +, - , x, : ) dengan bilangan yang sama

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

1.    Siswa dapat menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ( +, - , x, : ) dengan bilangan yang sama

 

Materi Pembelajaran

1.    Pertidaksamaan linear satu variabel

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali PLSV

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari PtLSV

Kegiatan inti :    1.     Dengan diskusi siswa dibimbing dalam menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ( +, - , x, : ) dengan bilangan yang sama

    2.     Siswa membuat contoh cara membuat bentuk setara dari PtLSV

    3.     Hasil pekerjaan siswa saling ditukarkan untuk dinilai

    4. Siswa mengerjakan Lembar kegiatan siswa ,secara berkelompok

    5. Siswa mempresentasikan pekerjaannya

    

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Model ( kartu )

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

     1. Apakah 6x-12 < 18 setara dengan x -2 < 3 ? jelaskan !

      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 2.4 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 2.     Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar    : 2. 4     Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel

        

Indikator

  1. Menentukan penyelesaian PtLSV

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

1.    Siswa dapat menentukan penyelesaian PtLSV

 

Materi Pembelajaran

1.    Pertidaksamaan linear satu variabel

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali PLSV

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari PtLSV

Kegiatan inti :    1. Dengan diskusi siswa dibimbing dalam menyelesaikan PtLSV

    2. Siswa membuat contoh PtLSV dan menyelesaikannya

    3. Dengan berdiskusi siswa menemukan cara menyelesaikan PtLSV jika koefisiennya negatif

    4. Siswa mengerjakan Lembar kegiatan siswa ,secara berkelompok

    5. Siswa mempresentasikan pekerjaannya

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Model ( kartu )

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. Penyelesaian dari 7m – 12 16
  2. Penyelesaian dari 6x – 8 > 9x -17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 3.1 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 3.     Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar    : 3. 1     Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

        

Indikator

  1. Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
  2. Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

Siswa dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

 

Materi Pembelajaran

1.    Persamaan linear dan pertidaksamaan linear satu variabel

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali PLSV dan PtLSV

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV dan PtLSV

Kegiatan inti :    1. Dengan diskusi siswa dibimbing dalam membuat model matematika berbentuk PLSV

        2. Siswa mengerjakan Lembar kegiatan siswa, secara berkelompok

    3. Dengan berdiskusi siswa dibimbing dalam membuat model matematika berbentuk PtLSV

    4. Siswa mengerjakan Lembar kegiatan siswa, secara berkelompok

    5. Siswa mengerjakan soal yang dibuat oleh guru

    6. Siswa mempresentasikan pekerjaannya

    

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Buku teks lingkungan

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. Nyatakan ke dalam model Matematika. Ayu membeli 5 Kg beras . Dia membayar dengan selembar uang lima puluh ribuan ternyata menerima uang pengembalian sebesar Rp. 27.500;

    2.     Nyatakan ke dalam model Matematika. Kelereng Reza 10 lebih banyak dari kelereng Wawan    

 

 

      

      

    

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 3.2 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 3.     Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar    : 3. 2     Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

        

Indikator

  1. Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

 

Materi Pembelajaran

1.    Persamaan linear dan pertidaksamaan linear satu variabel

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali membuat model matematika PLSV dan PtLSV

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV dan PtLSV

Kegiatan inti :    1. Dengan diskusi dan kerja kelompok siswa dibimbing dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk PLSV

    2. Siswa diminta membuat permasalahan sehari- hari yang dapat

     diselesaikan dengan PLSV

    3. Dengan diskusi dan kerja kelompok hasil permasalahan yang dibuat siswa diselesaikan antar kelompok

    4.    Siswa mengerjakan Lembar kegiatan siswa, secara berkelompok

    5. Siswa mengerjakan soal yang dibuat oleh guru

    6. Siswa mempresentasikan pekerjaannya

    

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Buku teks lingkungan

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. Amir membeli 10 liter minyak goreng . Uang Amir seratus ribuan, dan dia mendapat pengembalian sebesar Rp. 30.000; . Harga satu liter minyak goreng adalah ....

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 3.2 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 3.     Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar    : 3. 2     Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

        

Indikator

  1. Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

 

Materi Pembelajaran

1.    Persamaan linear dan pertidaksamaan linear satu variabel

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali membuat model matematika PLSV dan PtLSV

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV dan PtLSV

Kegiatan inti :    1. Dengan diskusi dan kerja kelompok siswa dibimbing dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk PtLSV

        2. Siswa membuat contoh PtLSV , diselesaikan secara kelompok

    3. Siswa diminta membuat permasalahan sehari hari yang dapat diselesaikan dalam bentuk PtLSV

    4. Dengan diskusi dan kerja kelompok hasil pekerjaan sisì

1.     Umur Maman lima tahun lebih muda dari Anton. Umur Anton sekarang 30 tahun. Berapakah umur Amir enam tahun yang akan datang ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 3.3 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 3.     Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar    : 3. 3     Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana

        

Indikator

  1. Menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit dan nilai sebagaian

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat Menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit dan nilai sebagaian

 

Materi Pembelajaran

Perbandingan dan aritmatika sosial

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali arti pecahan dan pembagian

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari perbandingan

Kegiatan inti :    1.     Dengan kontekstual guru memberikan contoh tentang kejadian yang ada di Pasar dengan simulasi

        2.     Siswa membuat contoh kegiatan ekonomi sehari-hari untuk

            diselesaikan

        3.     Hasil pekerjaan siswa dianalisis dan dinilai

    4. Dengan diskusi dan kerja kelompok siswa dibimbing dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kejadian perekonomian

    5.    Siswa mengerjakan Lembar kegiatan siswa, secara berkelompok

    6. Siswa mengerjakan soal yang dibuat oleh guru

    7. Siswa mempresentasikan pekerjaannya

    

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Buku teks Ekonomi

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. Harga 1 losin buku tulis adalah Rp. 24.000; . Berapakah harga 7 buku tulis?

     

 

      

      

    

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 3.3 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 3.     Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar    : 3. 3     Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana

        

Indikator

  1. Menentukan besar dan persentase laba,rugi, harga jual dan harga beli

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menentukan besar dan persentase laba,rugi, harga jual dan harga beli

 

Materi Pembelajaran

Perbandingan dan aritmatika sosial

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali arti perbandingan

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari aritmatika sosial

Kegiatan inti :

Guru menyajikan masalah kontekstual yang berhubungan dengan maslah jual beli. Siswa diberi kesempatan menyelesaikan sendiri berdasarkan pengalamannya. Jika tidak ada yang bisa menyelesaikan guru membantu dengan tanya jawab.

Dengan tanya jawab guru membimbing siswa untuk mendapatkan pengertian harga pembelian dan harga penjualan, kapan seorang pedagang dikatakan untung dan kapan dikatakan rugi.

Guru membimbing siswa cara menghitung untung/rugi dari suatu perdagangan, jika harga pembelian dan harga penjualannya diketahui.

Siswa diminta menyimpulkan bagaimana cara menentukan harga pembelian/harga penjualan jika diperoleh untung atau menderita rugi.

Guru membimbing siswa tentang bagaimana cara menghitung harga pembelian, harga penjualan atau untung/rugi, dan persentasenya jika dua diantaranya diketahui, dengan meminta para siswa mengerjakan LKS secara berkelompok.

Meminta suatu dua orang siswa untuk melaporkan hasil kerja kelompoknya, dan kelompok-kelompok lain diminta untuk menanggapi.

Mengamati hasil yang diperoleh oleh masing-masing kelompok, memberikan pujian bagi kelompok yang berhasil baik dan memberikan semangat bagi yang belum berhasil dengan baik (jika ada).

Meminta siswa secara berpasangan untuk membuat contoh soal sendiri, kemudian dicoba untuk diselesaikan sendiri secara berpasangan juga.

Meminta siswa mengerjakan nomor-nomor terpilih dari soal Latihan

Meminta salah seorang siswa untuk mengerjakan soal Latihan tersebut di papan tulis.

 

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Buku teks Ekonomi

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. Seorang pedagang menjual sebuah sepeda motor dengan harga Rp. 10.000.000,-. Jika dengan harga tersebut pedagang untung 20 %. Tentukan harga pembelian 3 sepeda motor tersebut.

     

     

     

     

     

     

     

    

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 3.4 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 3.     Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar    : 3. 4     Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

        

Indikator

  1. Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan
  2. Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan

Siswa dapat menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala

 

Materi Pembelajaran

Perbandingan dan aritmatika sosial

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali arti perbandingan

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari gambar berskala

Kegiatan inti :

  1. Siswa dimotivasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian

    Skala dan gambar berskala

  2. Guru memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Guru meminta agar siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan pengertian

    Gambar berskala

  4. Secara berkelompok atau individu siswa diminta mengerjakan latihan soal.
  5. Bagi yang sudah selesai dipersilahkan mempresentasikan hasil pekerjaan-nya,

sedangkan kelompok lain menanggapi.

  1. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi

kelompok yang berprestasi.

 

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Buku teks Ekonomi

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. Pada suatu peta 5 cm mewakili 12,5 Km. Berapakah faktor skalanya ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 3.4 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 3.     Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar    : 3. 4     Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

        

Indikator

  1. Memberikan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik nilai

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat memberikan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik nilai

 

Materi Pembelajaran

Perbandingan dan aritmatika sosial

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali arti perbandingan

Motivasi    : Memberikan contoh pentingnya mempelajari perbandingan

Kegiatan inti :

1.        Siswa dimotivasi dengan pertanyaaan-pertanyaan yang berkaitan dengan

    perbandingan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya : tinggi badan antara dua

    anak, berat badan antara dua anak, dan uang saku antara adik dan kakak, dan

    lain-lain.

 

 

  1. Guru memberi contoh perbandingan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian meminta siswa untuk memberikan contoh lainnya dan disederhanakan.

  2. Guru meminta agar siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan pengertian perbandingan senilai dan berbalik nilai.

  3. Guru memberikan soal-soal yang berhubungan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai kemudian dikerjakan secara berkelompok.

  4. Secara berkelompok siswa diminta untuk mengerjakan latihan. Bagi kelompok yang sudah selesai diminta untuk mempresentasikan hasil dipapan tulis.

  5. Siswa mengerjakan soal latihan secara indifidual, dan guru membimbing siswa yang memerlukannya.

  6. .Bagi yang sudah selesai dipersilahkan mempresentasikan hasil pekerjaan-nya,

sedangkan kelompok lain menanggapi.

  1. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi

kelompok yang berprestasi.

 

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Buku teks Ekonomi

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. 5 meter kain harganya Rp. 110.000. Berapakah harga 7 ,5 meter kain ?

 

 

 

 

 

      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP 3.4 )

Satuan Pendidikan    :    SMP

Mata Pelajaran    :    Matematika

Kelas / Semester    :    VII/ Gasal

 

 

Standart Kompetensi     : 3.     Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar    : 3. 4     Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

        

Indikator

  1. Menyelesaikan soal yangmelibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai

 

Alokasi Waktu        : 2 Jam pelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyelesaikan soal yangmelibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai

 

Materi Pembelajaran

Perbandingan dan aritmatika sosial

 

C.    Metode Pembelajaran

    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penemuan,demonstrasi dan presentasi

 

Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan

Apersepsi    : Mengingat kembali arti perbandingan

Motivasi : Memberikan contoh pentingnya mempelajari perbandingan senilai dan berbalik nilai

Kegiatan inti :

1.        Siswa dimotivasi dengan pertanyaaan-pertanyaan yang berkaitan dengan

    perbandingan senilai dan berbalik nilai dalam kehidupan sehari-hari

 

 

  1. Guru memberi contoh perbandingan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian meminta siswa untuk menyelesaikannya.

  2. Guru meminta agar siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan permasalahan perbandingan senilai dan berbalik nilai.

  3. Guru memberikan soal-soal yang berhubungan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai kemudian dikerjakan secara berkelompok.

  4. Secara berkelompok siswa diminta untuk mengerjakan latihan. Bagi kelompok yang sudah selesai diminta untuk mempresentasikan hasil dipapan tulis.

  5. Siswa mengerjakan soal latihan secara indifidual, dan guru membimbing siswa yang memerlukannya.

  6. .Bagi yang sudah selesai dipersilahkan mempresentasikan hasil pekerjaan-nya,

sedangkan kelompok lain menanggapi.

  1. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi

kelompok yang berprestasi.

 

Penutup :    1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru

        2. Refleksi Proses pembelajaran

        3. Siswa diberi tugas

 

E.    Alat dan Sumber bahan

    Buku teks SMP kelas VII semester Gasal

    Buku teks Ekonomi

 

Penilaian

Teknik        : Tertulis dan tes lisan

Bentuk Instrumen    : Tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen    :

  1. Suatu pekerjaan jika diselesaikan oleh 25 orang akan selesai dalam waktu 30 hari. Setelah berjalan 10 hari karena sesuatu hal pekerjaan terhenti 5 hari. Berapa pekerja yang dibutuhkan agar selesai dalam waktu yang sudah ditentukan ?

     

 

 

      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment