RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP/MTs | : | SMP NEGERI 2 MADANG SUKU I |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK |
Kelas/Semester | : | VIII (delapan) / 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi |
Kompetensi Dasar | : | 1.1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata |
Indikator | : |
|
Alokasi Waktu | : | 1 x 40 |
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
- Menunjukkan letak deret menu bar yang terdapat dalam tampilan ms.word dengan benar
- Menyebutkan nama menu yang terdapat dalam deret menu bar dengan benar
- Menunjukkan letak deret menu standar toolbar pada tampilan ms.word dengan benar
- Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam deret standar toolbar dengan benar
- Menunjukkan letak deret menu formatting toolbar pada tampilan ms.word dengan benar
- Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam deret formatting toolbar dengan benar
- Menunjukkan letak deret menu drawing toolbar pada tampilan ms.word dengan benar
- Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam deret drawing toolbar dengan benar
- Materi Pembelajaran
Tampilan menu dan ikon
- Tampilan menu dan ikon pada menu bar
- Tampilan menu dan ikon pada standar menu
- Tampilan menu dan ikon pada formating menu
- Tampilan menu dan ikon pada menu drawing
- Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Metode Direct Instruction (DI)
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
|
|
2. Kegiatan Inti |
|
3. Kegiatan Penutup |
|
- Sumber Belajar
Komputer, buku paket,lembar kerja
- Penilaian
- Teknik : Unjuk Kerja
- Bentuk Instrumen : lembar observasi
- Instrumen
Soal / perintah :
- tunjukkan menu bar pada jendela word !
- tunjukkan kumpulan ikon toolbar standar !
- tunjukkan kumpulan ikon toolbar formatting !
- tunjukkan kumpulan ikon toolbar drawing !
Berilah tanda centang pada nomor kolom di bawah !
Aspek yang dinilai | SKALA KUANTITATIF | Nilai : (jml /16) x 100 | |||
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1. Menunjukkan menu bar | |||||
2. Menunjukkan standar toolbar | |||||
3. Menunjukkan formatting toolbar | |||||
4. Menunjukkan drawing toolbar | |||||
Jumlah |
Keterangan :
4 = Jawaban sangat tepat
3 = Jawaban tepat
2 = Jawaban Cukup tepat
1 = Jawaban Kurang tepat
Gunung Terang, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK
TRIMO, WAHONO, S. Pd, MM ZULFIKRI, S. Pd
NIP. 19630714 198411 1 002 NIP. 19810522 200904 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP/MTs | : | SMP NEGERI 2 MADANG SUKU I |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/Semester | : | VIII (delapan) / 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi |
Kompetensi Dasar | : | 1.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata |
Indikator | : |
|
Alokasi Waktu | : | 1 x 40 ` |
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
- Menjelaskan fungsi pada menu bar yang berkaitan dengan pengolahan dokumen dengan benar
- Menjelaskan fungsi beberapa menu dan ikon pada standar toolbar yang berkaitan dengan pengolahan dokumen dengan benar
- Menjelaskan fungsi beberapa menu dan ikon pada formating toolbar yang berkaitan dengan pengolahan dokumen dengan benar
- Menjelaskan fungsi beberapa menu dan ikon pada drawing toolbar yang berkaitan dengan pengolahan dokumen dengan benar
- Materi Pembelajaran
Fungsi Menu dan Ikon
- Fungsi menu dan ikon pada menu bar
- Fungsi menu dan ikon pada standar menu
- Fungsi menu dan ikon pada formating menu
- Fungsi menu dan Ikon pada menu drawing
- Metode Pembelajaran
Pendekatan Ceramah bervariasi dan Life Skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
|
|
2. Kegiatan Inti |
|
3. Kegiatan Penutup |
|
- Sumber Belajar
Komputer, buku paket,lembar kerja
- Penilaian
Teknik : tes tertulis
Bentuk Instrumen : uraian
Soal Instrumen
- Jelaskan fungsi dari menu Edit pada menu bar!
- Jelaskan fungsi dari ikon Paste pada standar menu!
- Jelaskan fungsi dari ikon bold pada formating menu!
- Jelaskan fungsi dari ikon Text Box pada drawing menu !
Gunung Terang, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK
TRIMO, WAHONO, S. Pd, MM ZULFIKRI, S. Pd
NIP. 19630714 198411 1 002 NIP. 19810522 200904 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP/MTs | : | SMP NEGERI 2 MADANG SUKU I |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/Semester | : | VIII (delapan) / 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi |
Kompetensi Dasar | : | 1.3. Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangka lunak pengolah kata |
Indikator | : |
|
Alokasi Waktu | : | 1 x 40 ` |
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
- Menggunakan menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan fungsi mouse dengan benar
- Menggunakan menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan fungsi keyboard dengan benar
- Menggunakan menu dan ikon pada standar toolbar dengan menggunakan fungsi mouse dengan benar
- Menggunakan menu dan ikon pada standar toolbar dengan menggunakan fungsi keyboard dengan benar
- Menggunakan menu dan ikon pada formating toolbar dengan menggunakan fungsi mouse dengan benar
- Menggunakan menu dan ikon pada formating toolbar dengan menggunakan fungsi keyboard dengan benar
- Menggunakan menu dan ikon pada drawing toolbar dengan menggunakan fungsi mouse dengan benar
- Menggunakan menu dan ikon pada drawing toolbar dengan menggunakan fungsi keyboard dengan benar
- Materi Pembelajaran
- Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar
- Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada Standar menu
- Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada formating menu
- Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada menu drawing
- Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL dan life skill
Metode DI
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
|
|
2. Kegiatan Inti |
- guru memonitor aktivitas siswa selama kegiatan |
3. Kegiatan Penutup |
|
- Sumber Belajar
Komputer, buku paket,lembar kerja
- Penilaian
Teknik : unjuk kerja
Bentuk Instrumen : uji kerja prosedur dengan rubrik
Soal Instrumen
- Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada pada menu bar!
- Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada pada standar menu!
- Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada pada formating menu!
- Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada pada drawing menu!
Rubric penilaian
Berilah tanda centang pada nomor kolom di bawah !
Statemen | Rentang | Nilai |
Kesiapan kerja Ketepatan prosedur Ketepatan waktu | 0-1 1-6 1-3 | |
Jumlah skor | 10 |
Keterangan :
4 = Jawaban sangat tepat
3 = Jawaban tepat
2 = Jawaban Cukup tepat
1 = Jawaban Kurang tepat
Gunung Terang, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK
TRIMO, WAHONO, S. Pd, MM ZULFIKRI, S. Pd
NIP. 19630714 198411 1 002 NIP. 19810522 200904 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP/MTs | : | SMP NEGERI 2MADANG SUKU I |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/Semester | : | VIII (delapan) / 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi |
Kompetensi Dasar | : | 1.4. Membuat dokumen pengolah kata sederhana |
Indikator | : |
|
Alokasi Waktu | : | 8 x 40 ` |
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
- Membuat dokumen baru dengan menggunakan menu file dengan benar
- Membuat dokumen baru dengan menggunakan ikon toolbar dengan benar
- Menyimpan file dengan benar dalam media penyimpanan
- Membuka kembali dokumen yang bernah disimpan
- Melakukan pengaturan jenis font pada teks yang dibuat dengan benar
- Melakukan pengaturan font size pada teks yang dibuat dengan benar
- Membuka kembali dokumen yang bernah disimpan
- Melakukan pengaturan efek cetak (tebal, miring, garis bawah) pada teks yang dibuat dengan benar
- Melakukan penghapusan teks dengan benar
- Melakukan penyisipan teks dengan langkah benar
- Melakukan pengkopian teks dengan langkah benar
- Melakukan pemindahan teks dengan langkah benar
- Melakukan pengaturan spasi antar baris pada teks dengan benar
- Melakukan pengaturan spasi antar paragraf pada teks dengan benar
- Melakukan pengaturan perataan paragraph pada dokumen dengan benar
- Membuat object gambar dengan menggunakan autoshapes/file gambar
- Menyisipkan objek gambar dengan ikon clip art
- Menyisipkan objek gambar dari file gambar yang sudah dibuat
- Membuat teks word art menggunakan ikon word art dengan benar
- Membuat teks word art menggunakan menu insert dengan benar
- Melakukan pengaturan margin cetak melalui menu file
- Melakukan pengaturan margin cetak melalui ikon toolbar
- Menenntukan ukuran kertas dengan benar menggunakan menu file
- Menenntukan ukuran kertas dengan benar melalui ikon toolbar
- melakukan orientasi halaman dengan benar melalui menu file
- Melakukan orientasi halaman dengan benar melalui ikon toolbar
- Menampilkan hasil cetakan pada computer melalui print priview
- Mencetak dokumen melalui menu file dengan benar
- Mencetak dokumen melalui ikon toolbar dengan benar
- Materi Pembelajaran
- Membuat dan menyimpan dokumen baru
- Membuka dokumen lama
- Format teks
- Edit teks
- Format paragraf
- Penyisipan objek
- Format halaman
- Mencetak dokumen
- Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL dan life skill
Metode DI dan penugasan
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
|
|
2. Kegiatan Inti |
|
3. Kegiatan Penutup |
|
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
|
|
2. Kegiatan Inti |
|
3. Kegiatan Penutup |
|
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
|
|
2. Kegiatan Inti |
|
3. Kegiatan Penutup |
|
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
|
|
2. Kegiatan Inti |
|
3. Kegiatan Penutup |
|
- Sumber Belajar
Komputer, printer, kertas kerja, buku paket
- Penilaian
Teknik : unjuk kerja
Bentuk Instrumen : uji kerja prosedur dengan rubrik
Soal Instrumen
- Buatlah dokumen baru dengan pengolah kata secara kelompok seperti pada contoh naskah !
- Simpanlah dalam media penyimpanan dengan nama file lat_1 !
- Bukalah dokumen file lat_1 yang pernah kamu dibuat !
- Ubahlah jenis huruf pada kop surat file lat_1 menjadi jenis font comic roman dengan ukuran 15!
- Ubahlah teks tujuan surat kepada temanmu !
- Ubahlah jarak spasi antar baris menjadi 2 spasi pada file lat_1 !
- Posisikan kop surat dengan perataan rata tengah !
- Buatlah gambar sederhana menggunakan fasilitas autoshapes !
- Buatlah dokumen pengolah kata dengan menyipsikan objek Clip Art seperti contoh !
- Desian redaksi kover dengan fasilitas WordArt seperti contoh !
- Buatlah naskah dengan aturan ukuran margin halaman seperti contoh !
- Atur naskah (soal di atas) dengan ukuran kertas seperti contoh !
- Atur naskah (soal di atas) dengan orientasi kertas seperti petunjuk contoh soal
- Tampilkan naskah yang baru saja kamu ketik di layar monitor dengan fasilitas print priview !
- Cetaklah dokumen naskah yang telah kamu buat !
Rubric penilaian
Berilah centang pada nomor kolom di bawah ini !
Statemen | Rentang | Nilai |
Kesiapan kerja Ketepatan prosedur Ketepatan waktu | 0-1 1-6 1-3 | |
Jumlah skor | 10 |
Keterangan :
4 = Jawaban sangat tepat
3 = Jawaban tepat
2 = Jawaban Cukup tepat
1 = Jawaban Kurang tepat
Gunung Terang, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK
TRIMO, WAHONO, S. Pd, MM ZULFIKRI, S. Pd
NIP. 19630714 198411 1 002 NIP. 19810522 200904 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/ MTs | : | SMP NEGERI 2 MADANG SUKU I |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VIII (delapan)/ 2 (dua) |
Standar Kompetensi | : |
|
Kompetensi Dasar | : | 2.1. Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka |
Indikator | : |
|
Alokasi Waktu | : | 4 x 40 |
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa mengamati lembar kerja program pengolah angka dengan menggunakan komputer yang sudah disediakan.
- Siswa mengidentifikasi bagian-bagian yang ada di lembar kerja program pengolah angka
- Siswa mengenal menu dan icon pada menu bar, dan toolbar
- Siswa mampu menggunakan menu dan icon pada menu bar, dan toolbar
- Materi Pembelajaran
- Cara menggunakan menu dan Ikon pada menu bar
- Cara menggunakan menu dan Ikon pada Toolbar
- Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL dan life skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 4 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
- Bertanya kepada siswa tentang lembar kerja program pengolah angka
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
- Siswa mengamati tampilan menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
- Siswa menemukan nama menu dan icon pada menu bar, menu dan icon-icon pada Toolbar
- Siswa melakukan simulasi mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan toolbarnya
3. Kegiatan Penutup
- Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
- Menarik kesimpulan tentang penggunaan menu dan ikon pada program pengolah angka
- Sumber Belajar
Komputer, buku paket, lembar kerja
- Penilaian
- Tehnik
Tes unjuk kerja
- Bentuk Instrumen
Uji prosedur
- Soal/Instrumen
- Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada menu bar!
- Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada Toolbar Standard
- Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada Toolbar Formating
- Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada Toolbar Drawing
Rubrik Uji prosedur
Berilah tanda centang pada nomor kolom di bawah !
Aspek yang dinilai | Skala Kuantitatif | JML Skor | Nilai (Jml Skor/32)*100 | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | ||||
Tunjukkan dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada : | |||||||
1 | Menu Bar | ||||||
2 | Toolbar standar | ||||||
3 | Toolbar formating | ||||||
4 | Toolbar drawing | ||||||
Cocokkan menu dan ikon sesuai dengan toolbarnya | |||||||
5 | Menu Bar | ||||||
6 | Toolbar standar | ||||||
7 | Toolbar formating | ||||||
8 | Toolbar drawing | ||||||
Jumlah |
Keterangan :
4 = Jawaban sangat baik
3 = Jawaban Baik
2 = Jawaban Cukup
1 = Jawaban Kurang
Gunung Terang, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK
TRIMO, WAHONO, S. Pd, MM ZULFIKRI, S. Pd
NIP. 19630714 198411 1 002 NIP. 19810522 200904 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/ MTs | : | SMP NEGERI 2 MADANNG SUKU I |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VIII (delapan)/ 2 (dua) |
Standar Kompetensi | : | 2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi |
Kompetensi Dasar | : | 2.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka |
Indikator | : |
|
Alokasi Waktu | : | 4 x 40 |
A. Tujuan Pembelajaran
- Dengan mampu menggunakan menu dan icon pada Menu Bar, siswa dapat menjelaskan menu dan fungsi ikon pada Menu Bar secara tepat.
- Dengan mampu menggunakan menu dan icon pada Toolbar, siswa dapat menjelaskan menu dan fungsi icon pada Toolbar Standard, Toolbar Formating, Toolbar Drawing secara tepat.
- Materi Pembelajaran
Fungsi menu dan ikon
- Menjelaskan Fungsi menu dan Ikon pada menu bar
- Menjelaskan Fungsi menu dan Ikon pada Toolbar
- Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL dan cooperative learning
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 4 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
- Mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya tentang nama –nama menu dan ikon pada Menu Bar dan Toolbar
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Siswa Membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti
- Siswa mengamati menu dan ikon pada menu bar, menu dan ikon pada Toolbar
- Siswa melakukan studi pustaka tentang Fungsi menu dan ikon pada Menu bar dan Toolbar untuk program pengolah angka
- Siswa mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan fungsinya
- Siswa Mempresentasikan hasil kelompoknya
3. Kegiatan Penutup
- Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
- Menarik kesimpulan tentang menu dan fungsi ikon pada Menu Bar dan Toolbar dengan program pengolah angka
- Sumber Belajar
Komputer, buku paket, lembar kerja
- Penilaian
- Tehnik
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen
Uraian
- Soal/Instrumen
Uraian :
- Jelaskan fungsi dari menu Format cell pada menu bar!
- Jelaskan fungsi dari ikon Auto Sum pada Toolbar Standard!
- Jelaskan fungsi dari ikon Merge and Center pada Toolbar Formatting!
- Jelaskan fungsi dari ikon Arrow pada Toolbar Drawing!
Lembar Penilaian :
Berilah tanda centang pada nomor kolom di bawah !
Aspek yang dinilai | Skala Kuantitatif | JML Skor | Nilai (Jml Skor/16)*100 | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | ||||
Fungsi-fungsi menu dan ikon pada : | |||||||
1 | Menu Bar | ||||||
2 | Toolbar standar | ||||||
3 | Toolbar formating | ||||||
4 | Toolbar drawing | ||||||
Jumlah |
Keterangan :
4 = Jawaban sangat baik
3 = Jawaban Baik
2 = Jawaban Cukup
1 = Jawaban Kurang
Gunung Terang, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK
TRIMO, WAHONO, S. Pd, MM ZULFIKRI, S. Pd
NIP. 19630714 198411 1 002 NIP. 19810522 200904 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/ MTs | : | SMP NEGERI 2 MADANG SUKU I |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VIII (delapan)/ 2 (dua) |
Standar Kompetensi | : |
|
Kompetensi Dasar | : | 2.3. Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka |
Indikator | : |
|
Alokasi Waktu | : | 4 x 40 |
A. Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengenal fungsi menu dan ikon pada Menu Bar, siswa mampu menggunakan menu dan ikon pada Menu Bar dengan menggunakan fungsi keyboard
- Dengan mengenal fungsi menu dan ikon pada Menu Bar, siswa mampu menggunakan menu dan ikon pada Menu Bar dengan menggunakan fungsi mouse
- Dengan mengenal fungsi menu dan ikon pada Toolbar, siswa mampu menggunakan menu dan ikon pada Toolbar Standard, Toolbar Formating, Toolbar Drawing dengan menggunakan fungsi keyboard.
- Dengan mengenal fungsi menu dan ikon pada Toolbar, siswa mampu menggunakan menu dan ikon pada Toolbar Standard, Toolbar Formating, Toolbar Drawing dengan menggunakan fungsi mouse.
- Materi Pembelajaran
Cara menggunakan menu dan ikon
- Cara menggunakan menu dan Ikon pada menu bar
- Cara menggunakan menu dan Ikon pada Toolbar
- Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL dan life skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 4 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
- Mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya tentang menu dan fungsi icon pada Menu Bar dan Toolbar
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
- Siswa mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar dengan mouse dan keyboard
- Siswa mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada Toolbar dengan mouse dan keyboard
3. Kegiatan Penutup
- Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
- Menarik kesimpulan tentang penggunaan menu dan ikon pada Menu Bar dan Toolbar dengan program pengolah angka
- Sumber Belajar
Komputer, buku paket, lembar kerja
- Penilaian
- Tehnik
Unjuk kerja
- Bentuk Instrumen
Uji prosedur
- Soal/Instrumen
- Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada menu bar!
- Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada Toolbar Standard!
- Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada Toolbar Formatting!
- Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada Toolbar Drawing!
Rubrik Uji prosedur
Berilah tanda centang pada nomor kolom di bawah !
Aspek yang dinilai | Skala Kuantitatif | JML Skor | Nilai (Jml Skor/32)*100 | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | ||||
Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada : | |||||||
1 | Menu Bar | ||||||
2 | Toolbar standar | ||||||
3 | Toolbar formating | ||||||
4 | Toolbar drawing | ||||||
Jumlah |
Keterangan :
4 = Jawaban sangat baik
3 = Jawaban Baik
2 = Jawaban Cukup
1 = Jawaban Kurang
Gunung Terang, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK
TRIMO, WAHONO, S. Pd, MM ZULFIKRI, S. Pd
NIP. 19630714 198411 1 002 NIP. 19810522 200904 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/ MTs | : | SMP NEGERI 2MADANG SUKU I |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VIII (delapan)/ 2 (dua) |
Standar Kompetensi | : |
|
Kompetensi Dasar | : | 2.4. Membuat dokumen pengolah angka sederhana |
Indikator | : |
|
Alokasi Waktu | : | 8 x 40 |
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
- Melakukan pendataan tentang data siswa sekelasnya, siswa dapat membuat dokumen baru dengan menggunakan program pengolah angka
- Dari dokumen baru dibuat, siswa dapat merubah lebar kolom dan tinggi baris.
- Dokumen yang baru dibuat harus disimpan, maka siswa dapat menyimpan data pada folder yang dikehendaki
- Dokumen yang baru dibuat harus diberi border, siswa dapat membuat border dengan tepat dan benar.
- Jika ada dokumen yang tertinggal (belum diketik), perlu dilakupan penyisipan data. Maka siswa dapat menyisipkan kolom dan baris.
- Jika ada data yang salah, maka siswa dapat menghapus kolom dan baris yang salah
- Jika ada data yang berupa angka , siswa dapat merubah data tersebut dengan menggunakan fasilitas format angka
- Untuk perhitungan siswa dapat menggunakan rumus dan fungsi
- Mengatur paper size, margin, page number
- Mengidentifikasi jenis printer
- Mencetak dokumen
- Materi Pembelajaran
- Membuat dokumen baru
- Pengaturan lebar kolom dan tinggi baris
- Letak data
- Pengaturan tampilan Border
- Pengeditan kolom dan baris
- Penyisipan Objek
- Format Angka
- Rumus dan Fungsi
- Pengaturan Halaman
- Mencetak dokumen
- Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL dan life skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 4 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
- Mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya tentang cara menggunakan menu dan icon pada Menu Bar dan Toolbar
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
- Siswa praktik membuat dokumen baru
- Siswa membuat dokumen dengan mengatur lebar kolom dan baris
- Siswa menyimpan dokumen sesuai dengan worsheet yang dikehendaki
- Siswa menyimpan dokumen sesuai dengan folder yang dikehendaki
- Siswa mengatur border pada dokumen
- Siswa mengedit kolom dan baris pada worksheet
- Siswa membuat spreadsheet dengan menyisip objek
- Siswa membuat dokumen dengan berbagai format Angka
- Siswa membuat dokumen dengan berbagai rumus dan fungsi matematika
- Siswa mengatur halaman pada dokumen
- Siswa melakukan pencetakan dokumen
3. Kegiatan Penutup
- Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
- Menarik kesimpulan tentang penggunaan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi.
- Sumber Belajar
Komputer, buku paket, lembar kerja dll
- Penilaian
- Tehnik
Unjuk kerja
- Bentuk Instrumen
Uji prosedur
- Soal/Instrumen
Uji prosedur
- Buatlah dokumen baru berupa tabel sederhana!
- Lakukanlah pengaturan lebar kolom dan baris sehingga dapat sesuaikan dengan datanya!
- Letakan data pada sheet yang dikehendaki!
- Letakan data sesuai dengan jenis datanya!
- Buatlah garis tabel sesuai dengan datanya!
- Hapuslah kolom yang tidak diperlukan pada sebuah tabel dan sisipkan kolom baru untuk menambah data kolom pada tabel tersebut!
- Buatlah karya tabel dengan menyisipkan berbagai objek untuk dapat dipublikasikan!
- Formatlah kolom "jumlah" yang terdapat pada tabel dengan menggunakan format mata uang rupiah!
- Buatlah Daftar gaji karyawan dengan menggunakan rumus dan fungsi!
- Lakukanlah pengaturan halaman dari karya yang telah dibuat disesuaikan dengan ukuran kertasnya!
- Lakukanlah pengaturan pencetakan sesuai dengan jenis printer dan cetaklah karya yang telah dibuat
Rubrik Uji prosedur
Berilah tanda centang pada nomor kolom di bawah !
Aspek yang dinilai | Skala Kuantitatif | JML Skor | Nilai (Jml Skor/32)*100 | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | ||||
Praktikkanlah cara: | |||||||
1 | Membuat dokumen baru | ||||||
2 | Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi baris | ||||||
3 | Simpan datanya | ||||||
4 | Buat garis tabel | ||||||
5 | Menghapus kolom | ||||||
6 | Menghapus baris | ||||||
7 | Menyisipkan kolom | ||||||
8 | Menyisipkan baris | ||||||
9 | Format kolom dengan mata uang RP | ||||||
10 | Penggunaan rumus dan fungsi | ||||||
11 | Mengatur Paper size | ||||||
12 | Mengatur margin | ||||||
13 | Pilih jenis printer | ||||||
14 | Mencetak dokumen | ||||||
Jumlah |
Keterangan :
4 = Jawaban sangat baik
3 = Jawaban Baik
2 = Jawaban Cukup
1 = Jawaban Kurang
Gunung Terang, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK
TRIMO, WAHONO, S. Pd, MM ZULFIKRI, S. Pd
NIP. 19630714 198411 1 002 NIP. 19810522 200904 1 002
No comments:
Post a Comment