Saturday, October 27, 2018

Higher Order Thingking Skill (HOTS)

Membahas tentang “Berpikir Tingkat Tinggi”, mengingatkan kita kepada Taksonomi Bloom, terdapat tiga aspek dalam ranah kognitif yang menjadi bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking.
Kemudian direvisi oleh muridnya yaitu Anderson.
Dimensi proses Kognitif menurut Puspendik dan Anderson dan Karthwohl, 2001 dibagi menjadi tiga level :
1. LOTS (Lower Order Thingking Skill)
Level pemahaman.
Proses kognitif :
a. Mengingat/ Remenbering (C1)
Peserta didik mengambil kembali informasi dari memorinya.
b. Memahami/ Understanding (C2)
Setelah Peserta didik mengerti dia mulai memahami. Peserta didik membangun koneksi di dalam pikirinnya.


2. MOTS (Midle Order Thinking Skill)
Level  Penerapan.
Proses kognitif Menerapkan  /Applying (C3.
Pada tingkat ini peserta didik mulai memahami prosedur tertentu atau langkah-langkah yang diikiti untuk menjawab masalah baru.

3. HOTS (Higher Order Thingking Skill)
Level Penalaran 
Proses kognitif :
a. Menganalisis/ Analyze (C4.
Pada tingkat ini peserta didik memamfaatkan kemampuan berfikir pada tingkat rendah untuk mengidentifikasi elemen kunci dan memeriksa bagiannya. Siswa akan mulai mencoba mengalisis suatu masalah, apa penyebab masalah suatu masalah tersebut.

b. Mengevaluasi/ Evaluate  (C5)
Peserta didik mengevaluasi sumber-sumber informasi yang digunakan untuk memeriksa kualitas dan keputusan yang diambil berdasarkan kreteria yang ada.

c. Mengkreasi/ Create (C6)
Tingkat yang paling tinggi adalah Kreasi, yaitu mengorganisirkan informasi dengan cara baru atau dengan cara yang berbeda.

Demikian semoga bermamfaat.


No comments:

Post a Comment